Mohon tunggu...
Lucyana Desideria
Lucyana Desideria Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik Pendidikan: Penguatan Pembelajaran Jarak Jauh SDN Sukamulya

27 Juli 2021   09:10 Diperbarui: 27 Juli 2021   09:30 46 1 0 Mohon Tunggu...

Sumedang, Jawa Barat -  Sehubungan dengan pandemi COVID-19 yang tengah melanda seluruh dunia, menjadikan kita semua untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah dan dengan orang banyak. Namun, adanya Pandemi COVID-19 tidak menghalangi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia untuk tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik secara online

Salah kegiatan KKN Tematik dalam Bidang Pendidikan yang melaksanakan kegiatan Penguatan Pembelajaran Daring kepada Guru di SD Negeri Sukamulya. 

Sehingga banyak kegiatan yang mengharuskan kita untuk tetap berada dirumah, dari kerja dirumah sama dengan siswa yang harus belajar secara daring yang dapat disebut sebagai Pendidikan Jarak Jauh. 

Pendidikan jarak jauh (distance education) adalah pendidikan formal yang berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. 

Secara sederhana, pembelajaran jarak jauh adalah pendidikan yang diajarkan dari jarak jauh, tanpa ruang kelas secara fisik. Historisnya, istilah dari pembelajaran jarak jauh terkait dengan program perguruan tinggi yang memungkinkan mahasiswanya belajar dari jarak jauh. Sekarang, pembelajaran jarak jauh tidak hanya berlaku bagi mahasiswa di tingkat perguruan tinggi, namun juga siswa sekolah menengah atas, menengah pertama bahkan siswa sekolah dasar. 

Program Penguatan Pembelajaran Daring kepada Guru SD Negeri Sukamulya bertujuan untuk mengenalkan, memahami dan mengaplikasikan media-media yang dapat digunakan pada saat menjalakan pembelajaran secara daring kepada siswa SD Negeri Sukmulya. 

Pelatihan Penguatan Pembelajaran Daring ini diikuti oleh seluruh guru dengan secara offline tetapi tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan. Dalam Pelatihan tersebut terdapat beberapa kendala yang kita hadapi mulai dari jaringan yang tidak mendukung, sampai dengan handhpone yang tidak bisa mengakses beberapa aplikasi yang kita kenalkan. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN