Mohon tunggu...
Lucky Anggria
Lucky Anggria Mohon Tunggu... Seorang ibu & pengajar,OPS

Pengajar Aud

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengalaman Baru Melakukan Pembelajaran di Masa Pandemi

26 November 2020   16:51 Diperbarui: 26 November 2020   16:53 48 1 0 Mohon Tunggu...

Pada Tahun 2020 ini merupakan hal baru dalam segala kegiatan yang hanya boleh dilakukan dari rumah. Karena adanya virus covid 19 ini, hampir seluruh aktivitas dan interaksi dibatasi demi menekan penyebaran virus corona. Namun belum lama ini sudah mulai dibuka ' new normal' dengan menggunakan protocol kesehatan yang ketat dan wajib memakai masker .

Pengalaman yang saya rasakan dalam kebiasaan baru ini sebagai pengajar AUD dan mahasiswa PPG adalah melakukan pembelajaran dari rumah. Saya merasa kesulitan pada awalnya harus memberikan pembelajaran pada anak didik melalui daring. Sama hal nya dengan saya , anak- anak pun juga tidak terbiasa dan kurang nyaman dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Namun dengan berpikir mencari ide -- ide baru untuk kegiatan belajar anak dari rumah,agar tetap berlangsung proses belajar-mengajar dengan model baru.

Untuk pemilihan kegiatan belajar harus kita lihat bagaimana kondisi dan kebiasaan setiap anak hal ini harus bekerja sama dengan para orang tua yang bisa memberikan informasi kepada guru. Barulah kita dapat menentukan pembelajaran apa yang dapat dilakukan anak dari rumah agar tetap bisa belajar.

Misalnya,dalam memberikan tugas bisa menggunakan alat dan bahan yang tersedia atau yang ada disekitar rumah. Sehingga orang tua tidak kesulitan dan dapat membantu anak. Disini pemilihan kegiatan untuk Anak Usia Dini harusnya tidak memberatkan ,namun bisa dilakukan dengan senang dan menarik minat anak agar tetap berkegiatan .

Dalam hal ini kita harus bekerja sama dengan pihak sekolah dan orang tua demi kelancaran proses belajar anak . Pengalaman baru dalam pembelajaran masa pandemic ini dapat meningkatkan kerja sama antara kepala sekolah,guru dan orang tua. Dan kegiatan yang diberikan untuk anak dapat memperat hubungan dengan orang tua.

Semua mengharapkan semoga virus corona ini segera berakhir dan kita  dapat melakukan segala aktivitas dengan kebiasaan yang baru.  Tetap menggunakan protokol kesehatan dan memakai masker ketika keluar . Menjaga kesehatan dan jarak  dimanapun .

VIDEO PILIHAN