Mohon tunggu...
Luana Yunaneva
Luana Yunaneva Mohon Tunggu... Jurnalis - Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist

Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist. email: Luanayunaneva@gmail.com ... youtube: Luana Yunaneva ... personal blog: www.jurnaluana.com

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Anggun C. Sasmi, Penyanyi Era 90s yang Selalu di Hati

9 Januari 2021   23:02 Diperbarui: 9 Januari 2021   23:51 1168 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gaya Anggun yang mempesona saat di panggung (foto: situs La Meuse)

Beberapa tahun belakangan ini, K-Pop bisa dikatakan cukup merajai industri hiburan di Tanah Air. Tidak hanya melalui internet, sejumlah stasiun televisi tampaknya mulai menyoroti popularitas bintang-bintang Korea untuk memberikan nuansa segar, bahkan pada program berita di awal tahun 2021. Meski racun K-Pop sudah menyebar, tampaknya saya masih keukeuh dengan kecintaan pada music 90s Indonesia. Ya, saya masih mengidolakan Anggun Cipta Sasmi sejak kecil hingga saat ini.

Ketika sejumlah teman seangkatan mengetahui bahwa saya pecinta berat Anggun, seringkali saya dicap tua duluan, karena menyukai penyanyi yang hits di saat saya belum lahir. Jelas saja, saya lahir pada tahun 1990-an, sedangkan Anggun merilis album pertamanya yang bertajuk Dunia Aku Punya pada tahun 1986.

Kecintaan saya pada sosok Anggun tidak lepas dari sosok Papa yang mengenalkan musik rock terutama slow rock ketika saya duduk di kelas empat SD. Kecintaan saya pada dunia tarik suara pada saat itu, mendorong Papa untuk mengenalkan genre musik tersebut yang menurut beliau, suara saya cocok untuk menyanyikan lagu-lagu milik Nike Ardilla, Nicky Astria, Inka Christie, Mel Shandy, dan Anggun C. Sasmi. Di antara nama-nama tersebut, Anggun memang nama paling akhir yang saya kenal, namun paling saya ikuti lagu-lagunya hingga saat ini, baik dalam versi bahasa Indonesia, Inggris, dan Perancis. Saya pernah menuliskannya sekilas di sini.

Beberapa koleksi CD para ladies rocker Indonesia yang saya miliki (foto: Luana Yunaneva)
Beberapa koleksi CD para ladies rocker Indonesia yang saya miliki (foto: Luana Yunaneva)
Lagu dari Anggun yang pertama kali saya dengar adalah Mimpi. Lagu yang diiringi piano tersebut berhasil menghipnosis saya, sehingga saya pun berusaha mencari tahu siapa penyanyinya, bagaimana liriknya, hingga lagu-lagu apa saja yang dihasilkan penyanyinya. SIngkat cerita, ketika saya menemukan sosok Anggun yang masih muda, namun sudah berkiprah ke Perancis, membuat saya berdecak kagum dan semakin mengidolakannya.

Perlahan tapi pasti, dengan bantuan internet, saya mencari tahu dan mengumpulkan koleksi lagu dari wanita kelahiran Jakarta, 29 April 1974 ini. Mengetahui hal tersebut, Papa pun menambah koleksi CD Anggun untuk bisa saya nyanyikan sendiri di rumah dan itu membuat saya sangat senang.

Masih di kisaran tahun 1999, saya mulai ingin mencari tantangan baru. Tak cukup mempelajari lagu-lagu berbahasa Indonesia dan Inggris milik Anggun, saya pun memberanikan diri untuk mendengarkan lagu In Your Mind, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Perancis menjadi tre Une Femme.


Wah, keren nich lagunya! Demikian pemikiran saya saat itu. Alunan lagu bernuansa Timur Tengah yang menghentak dan membuat badan ini ingin bergoyang, menjadi terdengar semakin seksi ketika dinyanyikan dalam bahasa Perancis yang pelafalannya sengau. Saya yang kala itu masih duduk di bangku sekolah dasar merasa gemas, karena saya ingin menyanyikannya, namun saya tidak dapat melafalkannya. Ah, jangankan melafalkannya, Anggun menyanyi hingga lirik mana pun, saya tidak paham, hahaha. Berkali-kali saya memutar lagu itu, namun saya justru pusing dan frustasi, hingga akhirnya saya menyerah.  Oke, saya akan menyanyikan lagu-lagu Anggun berbahasa Indonesia dan Inggris saja.

Salah satu album Anggun yang terkenal di era 90s (foto: Wikipedia)
Salah satu album Anggun yang terkenal di era 90s (foto: Wikipedia)
Berkat lagu milik Anggun pun, saya memiliki kesan menarik pada saat duduk di kelas dua SMA. Pada saat pelajaran bahasa Inggris, guru saya, Bapak Bambang Yulianto bersenandung kecil di depan kelas. Liriknya begini, "Terkadang aku pun berkhayal." Saya yang saat itu tengah asyik menulis merasa tidak asing dengan lirik tersebut. Lalu beliau bertanya, "Ada yang tahu ini lagunya siapa ?"

"Anggun," saya jawab spontan sembari terus menulis.

"Apa judulnya?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan