Mohon tunggu...
Luana Yunaneva
Luana Yunaneva Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist

Professional Hypnotherapist & Trainer BNSP email: Luanayunaneva@gmail.com youtube: www.youtube.com/@luanayunaneva

Selanjutnya

Tutup

Money

Transaksi Mudah di Bank Manapun? Tenang, Kan Ada Jaringan PRIMA!

24 Juli 2019   23:41 Diperbarui: 24 Juli 2019   23:52 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kartu ATM yang saya miliki sudah tergabung dalam Jaringan PRIMA. Ada logo PRIMA di bagian belakang kartu ATM, tepatnya pojok kanan bawah. Sudah ada logo GPN-nya juga loh di bagian depan kartu, tepatnya pojok kanan bawah (foto: dokpri)

"Mbak Luana pakai rekening bank apa?" tanya salah seorang rekan kerja di Surabaya pada tahun 2013 lalu

"Kenapa gitu?" tanya saya balik setelah menyebutkan dua rekening bank yang saya miliki saat itu. Kemudian, rekan saya pun meminta tolong untuk mengirimkan sejumlah uang kepada kakaknya, menggunakan rekening saya. Kesamaan bank inilah yang menjadi alasan rekan saya menumpang transfer. Tidak menggunakan rekening bank miliknya sendiri. Salah satu alasannya adalah supaya tabungannya tidak terpotong biaya administrasi.  Singkat cerita, saya pun bersedia menolong rekan tadi untuk mengirimkan uang kepada saudara perempuannya itu. Kami pun segera menuju mesin anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat. Saat itu, saya masih belum mengerti, apakah Jaringan PRIMA itu.

Waktu pun berlalu, saya pun berpindah dinas ke Kota Bandung pada tahun 2015. Ya, kota yang kerap dijuluki sebagai Paris Van Java ini memang memiliki banyak pesona wisata, termasuk wisata belanjanya. Siapa yang tidak kenal Kota Bandung yang terkenal sebagai surga belanja namun tidak bikin kantong bolong? Sudah tentu, saya pun tergoda untuk memborong ini-itu, terlebih saat awal-awal berada di sana.

Oh ya, saya tergolong tipe orang yang malas membawa uang tunai karena -- menurut saya -- ini kurang baik untuk kesehatan dompet. Akibatnya, seringkali saya merasa kesulitan ketika harus bertransaksi secara langsung. Belum lagi kalau di sekitar pusat perbelanjaan maupun jalanan yang saya lewati tidak ada bank maupun mesin ATM yang saya cari. Mau mencari bank maupun ATM yang sama pun, rasanya terlalu buang-buang waktu mengingat arus lalu lintas yang macet dan banyaknya jalur kendaraan yang tidak searah di kota kembang.

Melihat saya yang suka berbelanja namun sering kelupaan membawa uang tunai di dalam dompet, salah seorang sahabat mengenalkan Jaringan PRIMA kepada saya. Katanya sih, Jaringan PRIMA bisa dipakai untuk bertransaksi ke seluruh nasabah mitra jaringannya. Yang penting, mesin ATM yang digunakan untuk bertransaksi memiliki logo PRIMA. Okay, saya dapatkan clue-nya! Lain kali saya akan mencobanya.

Hari yang dinanti pun tiba. Saat sedang berada di Ciwalk bersama dua sahabat, seperti biasa, saya hanya membawa sedikit uang cash, sementara ada beberapa barang yang hendak saya beli di sana. Teringat akan informasi yang diberikan sahabat tentang Jaringan Prima, saya berniat untuk mencobanya. Benar saja, cukup dengan menggesekkan kartu ATM ke EDC dengan bantuan kasir, barang-barang yang saya beli pun lunas tanpa terkena biaya tambahan merchant. Asyik!

Jadi, kemudahan yang saya rasakan melalui PRIMA DEBIT tersebut merupakan produk Jaringan PRIMA yang selaras dengan kebijakan Bank Indonesia yang dinamakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Itulah sebabnya, kartu ATM zaman now sudah ada tulisan GPN-nya. Belanja jadi terasa lebih mudah.

Belanja, sudah! Masa saya tidak membawa uang pegangan di dalam dompet? Baiklah, saya langsung melangkahkan kaki menuju ATM Center untuk mencoba layanan ATM PRIMA. Meski mesin ATM tidak bertuliskan nama bank yang saya gunakan, saya pun optimistis bertransaksi di sana lantaran ada logo PRIMA. Wow, saya dapat mengecek saldo dan mengambil uang tunai dengan mudah! Bahkan layaknya menggunakan mesin ATM bank yang biasa saya gunakan. Mulai saat itu, saya tidak pernah khawatir bertransaksi dengan teman maupun relasi yang menggunakan rekening bank berbeda. "Tenang, kan ada Jaringan PRIMA!" kata saya dalam hati sambil tersenyum.

Ya, Jaringan PRIMA adalah jaringan yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi tarik tunai, cek saldo dan transfer dana antarbank ke seluruh nasabah mitra bank Jaringan PRIMA secara real time online di lebih dari 120 ribu ATM berlogo PRIMA di seluruh Indonesia. Adapun lebih dari 80 bank termasuk Bank BTN, BNI, BRI dan BCA yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA membuat waktu nasabah mitra menjadi lebih efisien.

Pengalaman saya mentransfer uang yang hanya bisa dilakukan oleh sesama nasabah dengan bank yang sama di masa lalu, ternyata tak perlu saya rasakan kembali. Pasalnya, kini ada PRIMA Payment Solution yang memudahkan nasabah melakukan pembayaran online melalui ATM, internet baking, mobile banking, SMS banking, teller dan PPOB yang terhubung dengan Jaringan PRIMA.

Saat ini PRIMA Payment Solution memberikan peranan sangat besar bagi usaha yang tengah saya kembangkan bersama keluarga. Merintis usaha di bidang kelistrikan, tentu menuntut saya untuk menjalin hubungan baik dengan pebisnis lain maupun konsumen. Pun dalam bertransaksi, saya harus memberikan kemudahan dan pelayanan prima.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun