Mohon tunggu...
Luana Yunaneva
Luana Yunaneva Mohon Tunggu... Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist

Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist. email: Luanayunaneva@gmail.com ... youtube: Luana Yunaneva ... personal blog: www.jurnaluana.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Jaringan 4G Beri Banyak Kemudahan saat Ramadhan dan Lebaran

9 Juli 2016   20:21 Diperbarui: 10 Juli 2016   00:14 0 0 1 Mohon Tunggu...
Jaringan 4G Beri Banyak Kemudahan saat Ramadhan dan Lebaran
silaturahmi keluarga saat Lebaran (dokumentasi pribadi)

Lebaran adalah momen yang ditunggu sebagian besar masyarakan Indonesia. Selain karena itu merupakan hari kemenangan umat Muslim sebagai mayoritas pemeluk agama di Tanah Air, hari libur dan cuti bersama selama beberapa hari memberikan kesempatan bersantai lebih lama. Hampir semua orang disibukkan dengan berbagai persiapan, mulai memesan tiket untuk mudik, membeli oleh-oleh, menyiapkan beragam suguhan yang lezat, memborong pakaian  yang bagus dan makanan yang enak, hingga mengunjungi sanak saudara. Meski harus mengeluarkan banyak uang dan energi, semuanya itu dilakukan dengan riang dan rela hati. Apa sih yang nggak diberikan untuk orang-orang terkasih? Begitulah kalimat sederhananya.

Banyaknya persiapan di atas tentu menguras banyak tenaga kalau dikerjakan sendirian, apalagi para perantau yang benar-benar hidup sendiri di kota atau negara lain. Selain menyiapkan dana, sangat merepotkan sekali kalau masih harus pusing ketika membawa daftar belanjaan dari satu outlet ke outlet yang lain, mulai tiket perjalanan sampai buah tangan. Belum lagi, jika perantau tersebut adalah karyawan sebuah perusahaan yang jam kerja pagi hingga sore hari, tentu ia tidak memiliki banyak waktu untuk memenuhi kebutuhan mudik dan Lebarannya sepulang dari kantor.

Namun, kesulitan-kesulitan tersebut hanya dialami mereka yang hidup di zaman dulu. Berkat adanya jaringan 4G yang tengah berkembang saat ini, orang tidak lagi disibukkan dengan transaksi secara langsung alias datang ke toko atau pasar untuk membeli barang kebutuhannya, apalagi dengan membawa banyak sekali uang. Cukup dengan duduk manis di dalam rumah dan memegang ponsel dengan jaringan internet 4G, barang dan jasa yang dibutuhkan bisa langsung terpenuhi dalam hitungan menit hingga detik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang saya dapatkan ketika menggunakan jaringan 4G selama Ramadhan dan Lebaran:

1. Kemudahan bertransaksi online

ilustrasi (sumber: http://www.reminderbaba.com/wp-content/uploads/2016/02/Enjoy-your-shopping-at-home-online.jpg)
ilustrasi (sumber: http://www.reminderbaba.com/wp-content/uploads/2016/02/Enjoy-your-shopping-at-home-online.jpg)

Untuk membeli tiket mudik tahun ini, jujur, saya hanya memerlukan paket data 4G supaya bisa online dari dalam kamar.Sambil duduk dan berselimut di depan laptop, saya bisa membeli tiket kereta api online sekitar pukul 00.15. Antri untuk masuk ke situs PT. Kereta Api Indonesia (KAI) itu memang iya, karena banyak orang mengakses situs yang sama demi kepentingan yang sama pula, yaitu mudik. Namun sinyal 4G yang cepat sangat membantu saya untuk mendapatkan tiket untuk keberangkatan yang diinginkan, tanpa harus datang ke stasiun malam-malam, saat hawa kota perantauan malam itu sangat dingin.

Kemudahan lainnya juga saya alami dalam hobiwanita pada umumnya yakni berbelanja. Cukup duduk manis di depan laptop, serta ditemani sepotong kue dan secangkir teh di meja, saya bisa menenuhi sejumlah kebutuhan untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara saat Lebaran tiba.

2. Mengetahui banyak, banyak mengetahui

ilustrasi (sumber: http://thumbs.dreamstime.com/x/people-smart-phone-traveling-train-commute-passengers-using-smartphone-commuting-public-transportation-tram-70698890.jpg)
ilustrasi (sumber: http://thumbs.dreamstime.com/x/people-smart-phone-traveling-train-commute-passengers-using-smartphone-commuting-public-transportation-tram-70698890.jpg)

Akses internet melalui jaringan 4G yang cepat sangat menolong saya untuk mendapatkan banyak informasi dalam waktu yang singkat. Untuk mengetahui lancar tidaknya lalu lintas perjalanan dari mess ke stasiun, saya cukup memantaunya dari Google Maps. Setelah hasil pencarian Google Maps menunjukkan bahwa jalanan itu lancar, saya pun bergegas ke stasiun. Benar saja, saya bisa sampai distasiun dengan lancar jaya,  tanpa harus mengalami kemacetan seperti hari-hari biasanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN