Mohon tunggu...
Muhammad Iqbal Nur Hasan
Muhammad Iqbal Nur Hasan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Fotografer amatir dan penulis baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Kelompok 253 KKN UNS Gelar Pelatihan Pembuatan Tanaman Hias dengan Media Tanam Hidrogel

6 September 2022   22:32 Diperbarui: 9 September 2022   14:23 241 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan pembuatan tanaman hias dengan media tanam hidrogel(Dokpri)

Magetan, 06 Agustus 2022 - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam kelompok KKN 253 mengadakan program "Pelatihan Pembuatan Tanaman Hias dengan Media Tanam Hidrogel" yang ditujukan untuk ibu-ibu PKK. Kegiatan dilaksanakan di kediaman salah satu anggota PKK yang beralamatkan di Jalan Anjasmara RT 15 RW 02, Desa Klagen Gambiran, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Hidrogel (hidro berarti air; dan gel yang berarti dapat menyerap dan menyimpan air ratusan kali beratnya) adalah media tanam alternatif pengganti tanah yang berfungsi menyerap air dan nutrisi untuk tanaman, serta melepaskannya secara perlahan sesuai dengan kebutuhan tanaman. 

Penggunaan hidrogel sebagai media tanam merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi intensitas penyiraman, hal ini karena dengan menggunakan hidrogel sebagai media tanam tidak diperlukan penyiraman tanaman setiap hari. Hidrogel disiapkan dengan cara merendam benih hidrogel dalam air selama 8 jam sehingga air terserap dan tersimpan. 

Penggunaan hidrogel dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang di antaranya sebagai bahan polimer superabsorben. Teknik ini cocok digunakan untuk budidaya tanaman hias dengan kondisi lahan yang terbatas karena dapat diletakkan di berbagai tempat. Beberapa tanaman yang dapat ditanam dalam media hidrogel antara lain adalah singonium, aglonema, janda bolong, kuping gajah.

Penjelasan materi penggunaan hidrogel sebagai media tanam (Dokpri)
Penjelasan materi penggunaan hidrogel sebagai media tanam (Dokpri)

Pelatihan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN sebagai pemateri. Materi yang dijelaskan melipui pengertian, manfaat, cara pembuatan, serta memberikan contoh penanaman menggunakan media hidrogel. 

Kegiatan pelatihan penanaman dengan hidrogel dilakukan secara berkelompok dengan mengikuti instruksi dari pemateri. Tanaman yang digunakan dalam pelatihan meliputi singonium, aglonema, janda bolong, kuping gajah. 

Peserta antusias dalam mengikuti pelatihan (Dokpri)
Peserta antusias dalam mengikuti pelatihan (Dokpri)

Alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan tanaman hias dengan media tanam hidrogel meliputi benih hidrogel, air, ember, botol bekas, tanaman, gunting atau pisau. 

Tahap pertama dalam pembuatan adalah merendam benih hidrogel dalam air menggunakan wadah berupa ember selama 8 jam sehingga benih-benih hidrogel menyerap air dengan sempurna. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan