Mohon tunggu...
LPPM UIB
LPPM UIB Mohon Tunggu... VISI & MISI LPPM Menjadikan lembaga berdaya saing global yang menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS dan publikasi internasional, serta menghasilkan wirausahawan yang kreatif dan inovatif yang membawa dampak dalam pembangunan industri dan masyarakat khususnya di kepulauan Riau.Dan mengembangkan penelitian dasar dan terapan berbasis ipteks yang bersifat analitis, aplikatif, inovatif dan terkini, Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat humanis, berdaya guna dan berkelanjutan. Mendorong output hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berorientasi publikasi internasional. Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Meningkatkan kualitas kewirausahan yang berdaya saing global. Meningkatkan standrt mutu manajemen dan layanan lembaga dibidang penelitian.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Seminar Online Pengenalan Hak Cipta

12 Mei 2020   14:43 Diperbarui: 12 Mei 2020   15:06 12 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seminar Online Pengenalan Hak Cipta
Foto : Materi Seminar Online Pengenalan Hak Cipta

Tujuan diadakannya kegiatan webinar ini adalah agar Sentra KI UIB memiliki program kerja untuk meningkatkan jumlah hak cipta dosen dan mahasiswa. 

Sentra KI UIB yang berada dibawah naungan LPPM UIB berharap dosen dan mahasiswa dapat mengembangkan karyanya  agar tercatat di Kemenkumham sebagai hak cipta. Seminar Online Pengenalan Hak Cipta diadakan secara gratis, peserta seminar mendapatkan e-sertifikat. Seminar Online Pengenalan Hak Cipta dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 11 Mei 2020, pukul 10.00-11.00 WIB via Ms. Team.

Foto : Bpk Pandu Prasodjo, S.Pd., M.Pd selaku ketua LPPM UIB yang memberi sambutan & Hana Julia sebagai MC
Foto : Bpk Pandu Prasodjo, S.Pd., M.Pd selaku ketua LPPM UIB yang memberi sambutan & Hana Julia sebagai MC

Foto : Bpk Dr. Hendi Sama selaku Moderator
Foto : Bpk Dr. Hendi Sama selaku Moderator

Foto : Bpk Dr. Wisnu Yuwono selaku Pemateri
Foto : Bpk Dr. Wisnu Yuwono selaku Pemateri

Definisi umum hak cipta merupakan salah satu bagian dari kekayaan intelektual yang memiliki ruang lingkup objek yang dilindungi paling luas, karena mencakup ilmu pengetahuan, seni dan sastra yang didalamnya mencakup pula ilmu komputer. Selian itu, hak cipta adalah hak yang paling luas diberikan oleh pemerintah.

Pentingnya hak cipta bagi perguruan tinggi adalah sebagai luaran penelitian/PkM yang dihasilkan oleh Dosen dan Mahasiswa dan sifatnya untuk melindungi hak cipta. 

Jenis-jenis ciptaan yang dapat dilindungi berupa buku, program komputer, pamflet, karya tulis, ceramah kuliah/pidato, lagu/musik, seni drama, alat peraga, seni batik, fotografi, dll. Bahkan proposal penelitian juga dapat diberikan hak cipta. Masa perlindungan hak cipta bervariasi sesuai dengan jenis ciptaannya, seperti:

  • perlindungan hak cipta berupa buku, karya tulis adalah seumur hidup pencipta + 70 tahun
  • untuk program komputer adalah 50 tahun sejak pertama kali dipublikasikan
  • untuk para pelaku drama, koreografi, seni tari adalah 50 tahun sejak pertama kali di pertunjukkan
  • untuk produser rekaman berupa ceramah/pidato/musik/lagu adalah 50 tahun sejak ciptaan difiksasikan.
  • lembaga penyiaran adalah 20 tahun sejak pertama kali disiarkan.

Prosedur pengajuan hak cipta di UIB dapat diajukan secara online dengan mengirim berkas ke email admin LPPM.  Langkah-langkah pengajuan sebagai berikut:

  • Pemohon bekerja sama dengan prodi terkait dengan mengisi form pendanaan hak cipta dan ditanda-tangani oleh prodi, dekan dan Ka. LPPM
  • Melengkapi berkas draft surat pernyataan, draft surat pengalihan hak, scan KTP dan NPWP pemohohon, form deskripsi ciptaan.
  • Kemudian sentra KI akan memproses percetakan, dan pemohon menandatangani di atas materai.
  • Operator sentra KI akan scan dokumen, mendaftarkan dan mengunggah dokumen di website dgip.go.id dan mengajukan dana pembayaran sesuai kode billing.
  • Proses pengecekan persyaratan oleh pihak dgip.
  • Approve dan percetakan sertifikat hak cipta.

Biaya pembayaran pengajuan hak cipta bervariasi tergantung jenis ciptaan yang didaftarkan. Biaya ini akan dibayarkan oleh UIB dengan anggaran LPPM. Dari jumlah mahasiswa sekitar 4000an dan jumlah dosen sekitar 150an, hanya 8 hak cipta yang telah diajukan dan tidak merata disetiap prodi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x