Mohon tunggu...
LPPM UIB
LPPM UIB Mohon Tunggu... VISI & MISI LPPM Menjadikan lembaga berdaya saing global yang menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS dan publikasi internasional, serta menghasilkan wirausahawan yang kreatif dan inovatif yang membawa dampak dalam pembangunan industri dan masyarakat khususnya di kepulauan Riau.Dan mengembangkan penelitian dasar dan terapan berbasis ipteks yang bersifat analitis, aplikatif, inovatif dan terkini, Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat humanis, berdaya guna dan berkelanjutan. Mendorong output hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berorientasi publikasi internasional. Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Meningkatkan kualitas kewirausahan yang berdaya saing global. Meningkatkan standrt mutu manajemen dan layanan lembaga dibidang penelitian.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

LPPM UIB Mengirim Tim Pengelola OJS Mengikuti Lokakarya Akreditasi Jurnal bersama Relawan Jurnal Indonesia

12 Maret 2020   09:38 Diperbarui: 12 Maret 2020   12:09 31 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
LPPM UIB Mengirim Tim Pengelola OJS Mengikuti Lokakarya Akreditasi Jurnal bersama Relawan Jurnal Indonesia
Pemaparan Bapak Febri - Umrah

LPPM Universitas Internasional Batam mengirim 15 dosen  Tim pengelolah jurnal di Universitas Internasional Batam untuk mengikuti kegiatan lokakarya akreditasi jurnal bersama relawan jurnal indonesia, yang kegiatan ini dilakukan di Universitas Ibnu Sina Batam yaitu mekanisme pengajuan Akreditasi Berkala Ilmiah dilakukan secara daring (online) menggunakan Sistem Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna)  http://arjuna2.ristekdikti.go.id/ dengan  mekanisme pada diagram alir  berikut yang dapat di lihat pada link ini http://arjuna.ristekdikti.go.id/article/72.

Dan nilai jurnal yang di keluarkan oleh asesor jika 85-100: peringkat 1 (Sinta 1), nilai 70-85: peringkat 2 (Sinta 2),  nilai 60-70: peringkat 3 (Sinta 3),  nilai 50-60 peringkat 4 (Sinta 4),  nilai 40-50 peringkat 5 (Sinta 5), nilai 30-40 peringkat 6 (Sinta 6), dan penilaian subtansi (49%) penilaian manajemen (51%) penulis artikel boleh Multiaviliasi dan ada penulis internal dan eksternal.

Adapun Syarat Akreditasi yaitu: E-ISSN, Ruang lingkung Jurnal (dilistkan), Etika Publikasi (etika untuk penulis dan pengelola ditampilkan dimenu website OJS dan mudah di akses oleh asesor) terbitan bersifat ilmiah (adanya proses review dan ada bukti dihistori OJS kapan direview, ada comment dari review di file artikel word). Bagi jurnal yang sudah memiliki publikasi tetapi tidak memiliki histori review sebaiknya tidak mengajukan akreditasi, melainkan melengkapi kebutuhan data yang telah disebutkan diatas. Jika melakukan review diluar sistem OJS seperti email, dapat di lampirkan juga sebagai bukti review. Untuk proses pengajuan harus melampirkan 2 tahun secara berurutan dimana dalam setahun minimal menerbitkan 2 kali jurnal dengan minimal 5 artikel.

Untuk pengelolah jurnal harus memiliki SDM banyak. tidak hanya terdiri dari satu orang saja, pembagian tugas di bagi menjadi General manajer editor, Section editor, Production editor. Pada halaman utama OJS harus menampilkan Info E-ISSN, Info Publisher, Info Riviewer (minimal punya ID Scoups, Alamat kontak jurnal, Editorial team, Author guidelins, Abtracting dan indexing minimal jurnal harus terindeks google scholar, PKP indeks , DOAJ, Sinta, Garuda, Scopus, untuk mempermudah Asesor.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x