Mohon tunggu...
Lovi Dinar Mawastiasa
Lovi Dinar Mawastiasa Mohon Tunggu... Novelis - Penulis novel

Menulis untuk berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips Jadi Penulis, Gampang kok!

23 September 2021   12:00 Diperbarui: 23 September 2021   12:43 146 8 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips Jadi Penulis, Gampang kok!
foto: koleksi pribadi

Menulis adalah keterampilan yang baru-baru ini digemari muda-mudi. Akan tetapi, masih banyak yang masih ragu untuk memulainya karena takut nanti tulisannya tidak menarik atau malah dianggap cringe. Eiittsss, jangan stress dulu kalau cuma berpikir hal berlebihan tanpa ada tindakan. Kita bisa memulainya dengan perlahan dan dengan cara yang sederhana terlebih dahulu. Berikut tips agar kita pemula bisa menemukan jati diri dalam menulis. 

  • 1. Perbanyak riset

Sebelum memulai sesuatu, kita harus mengenali dulu sesuatu yang akan kita kerjakan. Menulis memang bukan hal yang mudah, itu sebabnya kita perlu banyak melakukan riset, salah satunya dengan membaca. Membaca dan menulis adalah dua keterampilan bahasa yang tidak dapat dipisahkan. Membaca adalah kunci terbaik untuk menghasilkan tulisan yang baik. Semakin banyak tulisan yang kita baca, maka semakin banyak pula tulisan-tulisan yang akan kita hasilkan. Ketika ingin menulis novel, maka kita harus tahu apa itu novel. Semakin banyak buku novel yang kita baca, maka semakin besar pula kita dapat menulis novel dan menghasilkan ide-ide kreatif. Ingat! Kualitas tulisan seseorang bergantung pada kuantitas kosakata yang dimilikinya. 

  • 2. Menerima Proses

Awal menulis tentu kita tidak langsung mendapatkan banyak pembaca. Menulis bukanlah ajang perlombaan. Mulailah menulis bukan untuk memuaskan orang lain, tetapi menulis untuk dirimu sendiri. Penulis-penulis besar juga tidak langsung mendapatkan banyak penggemar, kok! Mereka juga melalui proses yang panjang untuk menemukan jati diri tulisan mereka. Kamu pun juga begitu. Mulailah menulis hal-hal yang kamu sukai, misalnya tertarik pada tulisan sastra, mulailah menulis puisi, quotes pendek, cerpen, atau jika tertarik pada tulisan nonsastra, mulailah menulis artikel, jurnal, dan lain-lain. 

  • 3. Percaya Diri

Salah satu hambatan pemula adalah kurangnya rasa percaya diri. Seringkali kita sebagai penulis mengurungkan niat menulis karena takut tulisan kita dianggap remeh oleh orang lain. Salah satunya, ketika kita tertarik pada tulisan sastra, kita pasti akan dicap menjadi manusia galau tiada henti oleh semesta. Kita harus mengubah mindset negatif tersebut menjadi mindset positif. Tidak semua orang bisa menyuarakan isi hati dan isi kepalanya. Melalui tulisan, kita bisa berbagi hal-hal yang tidak mampu orang lain bagikan. Pernah tidak melihat banyak orang yang membagikan ulang tulisan penulis karena merasa tulisan itu relate dengan kondisi mereka? Hal sederhana tersebut dapat membuat seseorang menjadi lega dan merasa isi hati dan isi kepalanya tersampaikan. Mindset positif tersebut akan menjadikan kamu lebih semangat menulis. Jadi, mulailah unggah tulisanmu pelan-pelan karena masih banyak orang di sana yang butuh tulisan orang lain untuk menyuarakan isi hati dan pikirannya. Carilah media yang sesuai dengan tulisanmu, misalnya instagram, twitter, blogger, dan lain-lain. 

  • 4. Konsisten 

Terakhir, kunci menulis yang paling penting adalah konsisten. Buatlah jadwal tersendiri untuk menulis agar tidak hanya menulis semaunya saja. Jadikan menulis sebagai kebiasaan. Buat jadwal misalnya satu minggu harus menghasilkan tiga tulisan hingga menjadi setiap hari menghasilkan tulisan. Konsisten menulis di sini bukan berarti kamu harus menulis berhalaman-halaman, tetapi mulailah dengan quotes pendek jika kamu menyukai tulisan sastra atau tulislah ide-ide pokok sebuah tulisan jika kamu menyukai tulisan seperti artikel, dan lain-lain. 

Nah, sekarang tahu kan apa yang harus kamu lakukan? Yuk, mulai menulis. Gampang, kok!

Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan