Mohon tunggu...
elde
elde Mohon Tunggu... penggembira

penggembira....

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Pilihan

Karena Gagal Paham, Prabowo Marah-marah

31 Maret 2019   14:54 Diperbarui: 31 Maret 2019   14:59 834 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karena Gagal Paham, Prabowo Marah-marah
antaranews.com

Dari debat capres-cawapres yang sudah berlangsung empat kali khususnya yang mempertemukan kandidat capres, telah menunjukkan bagaimana penampilan Jokowi susah untuk diprediksi lawan. Ketika tampil pada debat pertama dan kedua, Jokowi dinilai agresif dan banyak menyerang. Bahkan dikatakan seolah petahana tapi rasa penantang. Kubu Prabowo pun kalang kabut karena jagoannya dipecundangi. Isu Jokowi dapat bocoran pertanyaan hingga pakai earpiece pun dihembuskan untuk menutupi ketidakmampuan Prabowo mengimbangi Jokowi.

Pembisik-pembisik dibelakang Prabowo terus mendesak agar dia juga menggunakan strategi menyerang dan berharap bisa mempermalukan Jokowi. Kali ini Prabowo mengamini apa yang dibisikkan oleh lingkaran dekat orang-orang sekitarnya. Setelah kegagalan Sandi Uno yang diperkirakan akan mudah melibas Ma`ruf Amin di debat ketiga, tapi ternyata tidak terduga cawapres paslon 01 malah tampil begitu mengejutkan. Maka debat keempat yang mempertemukan antar capres adalah harapan tersisa untuk mendapatkan kemenangan.

Namun lagi-lagi kubu Prabowo dibuat melongo. Perkiraan bahwa Jokowi akan kembali tampil agresif dan debat menjadi seru karena saling serang, tidak terjadi. Capres 01 lebih banyak bertahan dengan memaparkan pencapaian prestasi kerjanya dan program yang akan dilakukan kedepan. Kemampuan meng-kick balik setiap pertanyaan Prabowo juga dilakukan dengan santun tapi mematikan lawan.

Ketika Prabowo curhat soal adanya tudingan dari pendukung Jokowi dikatakan bahwa dia pembela khilafah, dengan sabar dan adem dijawab Jokowi. Selama 4.5 tahun sebagai Presiden fitnah dan tuduhan soal PKI telah menyerangnya. Namun dia anggap hal biasa dan tidak pernah ditanggapi. Ibarat seorang bapak yang lagi ngemong dan sedang menasehati anaknya agar tidak perlu galau dan cengeng.

Kepiawaian Jokowi dalam menerapkan strategi debat terlihat nyata. Bagaimana dia bisa mempermainkan sisi kejiwaan lawan debatnya dengan penampilan berbeda dan tidak disangka yang membuat Prabowo kebingungan. Akhirnya capres 02 inipun menunjukkan karakter aslinya di forum resmi dengan tidak bisa mengontrol emosi. Marah-marah!

Peristiwa memalukan terjadi saat debat semalam muncul suara tawa di tengah-tengah paparan Prabowo mengenai pertahanan negara. Prabowo heran ada yang tertawa ketika dia memaparkan rapuhnya pertahanan negara.

Awalnya, Prabowo menjelaskan soal adanya hal yang dianggap salah dalam paparan Jokowi mengenai teknologi pertahanan. Prabowo menyatakan ada yang salah, sekalipun itu bukan Jokowi yang salah.

"Saya bukan menyalahkan, saya berpendapat. Kekuatan pertahanan kita masih rapuh. Salah siapa? Salah nggak tahu saya (lalu terdengar suara tertawa) elite...", kata Prabowo.

Prabowo pun bereaksi. Dia mempertanyakan suara tawa itu. "Jangan ketawa. Kenapa kalian ketawa? Pertahanan Indonesia rapuh kalian ketawa. Lucu ya? Kok lucu," kata Prabowo.   

Wujud asli Prabowo telah dipertontonkan. New Prabowo yang diharapkan oleh pendukungnya dengan segala cara memoles untuk pencitraan bahwa Prabowo yang dikenal suka marah itu tidak benar, berakhir gagal total. Jutaan pasang mata rakyat Indonesia menjadi saksi semalam bagaimana mantan mantu Soeharto ini grusa-grusu dan memang lemah mengendalikan emosi. Wataknya yang meledak-ledak lebih didahulukan sebelum mencerna dengan baik persoalan. Sudah gagal paham malah marah-marah!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN