Mohon tunggu...
elde
elde Mohon Tunggu... penggembira

penggembira....

Selanjutnya

Tutup

Bola

Rekor! Kemenangan ke 1000 Bayern München di Bundesliga

25 Oktober 2015   16:45 Diperbarui: 25 Oktober 2015   16:50 0 30 33 Mohon Tunggu...

[caption caption="triple tahun 2013....foto.elde"][/caption]

"Rekordmeister" memang julukan yang layak disandang oleh klub sepakbola bermarkas di kota München ini. Torehan berbagai catatan prestasi diantaranya sebagai pemegang gelar paling banyak Bundesliga, kali ini membukukan kembali perjalanan sejarah Fc. Hollywood sebagai satu-satunya klub yang bisa memenangkan laga kompetisi untuk ke 1000 kalinya.

Dalam pertandingan kemarin menjamu kesebelasan asal Koln, tuan rumah dengan gemilang menyarangkan 4 gol tanpa balas. Kemenangan yang diperoleh di laga kesepuluh ini juga menjadi rekor tersendiri dalam kompetisi Bundesliga sebagai klub pertama yang belum menderita kekalahan dan hasil seri. Pencapaian nilai sempurna 30 dari hasil 10 kali pertandingan.

Setelah kekalahannya di Liga Champion 0-2 melawan Arsenal, tidak menjadikan klub ini terpuruk dalam kekecewaan karena masih bercokol di pimpinan klasemen grup dan yakin bisa lolos ke babak berikutnya. Kembalinya pemain andalan Arjen Robben setelah sejak 29 agustus mengalami cedera, menambah amunisi dan semangat rekan setimnya untuk meraih kemenangan-kemenangan di laga berikutnya.

Comeback Arjen Robben membuka gol pertama pada menit 35 saat melawan Fc. Koln. Ini adalah gol ke 75 selama karirnya di Bayern yang mengalami pasang surut karena didera cedera. Gol yang dicetaknya menjadi pembuka gol-gol berikutnya yang dihasilkan oleh pemain baru berasal dari Juventus, Arturo Vidal menit 40. Di babak kedua ujung tombak yang pada minggu lalu mencetak hattrick 5 gol dalam waktu 9 menit, Robert Lewandoski, menambah catatan gol yang sementara terbanyak musim ini, 13 gol, pada menit 62 melalui sundulan kepala. Gol terakhir disarangkan oleh Thomas Müller dari titik pinalti menit 76 melengkapi kemenangan ke 1000 klub Bayern selama berkiprah di Bundesliga. Prestasi yang belum bisa dicapai oleh klub lainnya.

Sejak memulai kiprahnya di Bundesliga ketika sebagai tuan rumah untuk pertamakalinya, 21 agustus 1965, saat itu mengalahkan kesebelasan Eintrach Frankfurt dengan skor 2-0. Sampai saat ini Bayern telah menyelesaikan 1714 pertandingan Bundesliga dengan catatan menang 1000 kali, kalah 329 dan berakhir seri 385 kali. Tempat kedua diduduki Werden Bremen dengan pencapaian kemenangan sebanyak 740 dan diikuti oleh Borrusia Dortmund sebanyak 710 kali.

Setelah hampir 3 tahun ditangani oleh pelatih asal Spanyol, Pep Guardiola, walaupun belum mencapai hasil maksimal yang harus dibuktikan dengan memenangkan liga champion sebagai klub bergengsi di Eropa, namun ukiran sejarah juga akan tercatat lagi sebagai klub satu-satunya yang bisa mempertahankan gelar juara liga sebanyak 4 kali berturut-turut.

Saat ini keberadaan Pep sebagai pelatih masih menjadi tanda tanya besar. Akankah memperpanjang kontraknya yang berakhir juni tahun depan atau meninggalkan Bayern. Pihak klub sangat antusias untuk mempertahankannya namun tidak memungkiri bahwa banyak klub besar lain juga menginginkannya. Kepastiannya diperkirakan akhir tahun ini. Disebut-sebut selain Manchester City juga Chelsea yang saat ini ditangani Mourinho dan mengalami krisis kemenangan di liga Inggris akan menjadi tempat berlabuh Pep berikutnya. Apabila plan A memperpanjang kontrak dengan Pep tidak tercapai, Bayern akan menggunakan plan B sebagai kandidat kuat adalah pelatih asal Italia, Carlo Ancelotti, mantan pelatih Real Madrid sebagai penggantinya.

 

 

 

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x