Mohon tunggu...
Tri Lokon
Tri Lokon Mohon Tunggu... Human Resources - Karyawan Swasta

Suka fotografi, traveling, sastra, kuliner, dan menulis wisata di samping giat di yayasan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menjadikan Plasa Mandalika Sebagai Wisata Edukasi

19 November 2021   09:34 Diperbarui: 19 November 2021   09:38 184 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Senja di Pantai Kuta Mandalika (Dokpri)

Wisata pendidikan atau wisata edukasi, bisa juga disebut sebagai anjangkarya atau karyawisata adalah suatu kegiatan atau perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga terdapat aktivitas edukasi atau pendidikan di dalamnya - Wikipedia

Selain Bali, Lombok adalah pulau di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisah oleh Selat Lombok dan Selat Bali, dan sering saya jadikan tujuan wisata pada saat liburan sekolah tiba di Juni Juli atau Desember Januari.

Untuk menuju ke Lombok, sangat mudah. Bisa naik pesawat turun di Bandara Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. 

Lewat jalur darat, wisatawan bisa menyeberang Selat Lombok dari Pelabuhan Padang Bai ke Pelabuhan Lembar. Selain mengendarai kendaraan pribadi, bisa menggunakan transportasi umum. Tersedia bus AKAP Jakarta-Mataram pulang pergi. 

Sumber: Kek Mandalika
Sumber: Kek Mandalika

Mengapa wisata ke Lombok?

Pariwisata Lombok, sebenarnya tak kalah menariknya dengan Pulau Dewata. Lombok tak hanya memiliki wisata alam dan bahari seperti laut, bawah laut, gunung perbukitan. Tetapi, di samping eco-Tourism, potensi wisata budaya dan edukasi juga bisa dikembangkan, jika mau diseriusi oleh pemerintah setempat.

Pesona Gili Trawangan, membuat saya ke Lombok, waktu itu. Betapa tidak. Pulau kecil itu menyuguhkan wisata bahari yang eksotik seperti scuba diving, snorkeling, kayak dan berselancar. Aktivitas bahari yang disukai oleh turis asing.

Cidomo (kereta berkuda), bersepeda ria menikmati sunset dan sunrise serta pesta kesenian dan kuliner di malam hari, membuat Gili Trawangan semakin menggoda dikunjungi.

Tak jauh dari Gili Trawangan ada Gili Meno dan Gili Air. Bosan sebentar di Gili Trawangan, wisatawan bisa eksplorasi diving dan snorkeling di sekitar Gili Meno dan Gili Air. Akomodasi penginapan di kedua pulau itu juga tersedia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan