Mohon tunggu...
Tri Lokon
Tri Lokon Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Suka fotografi, traveling, sastra, kuliner, dan menulis wisata di samping giat di yayasan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Edukasi di Taman Kupu-kupu Kemenuh Bali

13 Januari 2016   08:41 Diperbarui: 13 Januari 2016   15:41 1492 6 1 Mohon Tunggu...

Liburan akhir tahun dan tahun baru, telah tiba. Sayang kalau kesempatan itu tidak dimanfaatkan untuk traveling sekaligus refreshing dari kepenatan dan rutinitas kerja. Kali ini, kaki saya menginjakkan pulau Dewata Bali yang sarat dengan berbagai macam objek wisatanya.

 [caption caption="Patung Kupu di Taman Kupu-Kupu Kemenuh Gianyar Bali"][/caption]

Dalam perjalanan melewati daerah Gianyar, Bali, tiba-tiba teman saya yang sementara menyetir mobil, bertanya pada saya, “Mau nggak berkunjung ke Taman Kupu-kupu?” 

Sebelum menjawab, pikiran saya spontan melayang ke Bali Butterfly Park yang terletak di Banjar Sandan Lebah Desa Wanasari.  Atau,  tepatnya 7 km sebelah utara Kota Tabanan ke arah Penebel. Taman Kupu-kupu Batukaru ini sudah saya kunjungi setahun yang lalu. Agak kecewa waktu itu karena gerimis mengguyur dan sedikit sekali terlihat kupu-kupu berterbangan.

“Lho dulu kan sudah ke taman Kupu-kupu Batukaru, di Tabanan?” jawab saya dengan nada sama sekali tidak tertarik untuk mengunjungi lagi. “Ini lain. Baru dibuka Oktober yang lalu” timpal teman saya.

“Ah masak iya? Ada taman kupu-kupu baru lagi di Bali?” kata saya sedikit tidak percaya.

Belum selesai ditanggapi, roda mobil sudah masuk ke halaman parkir “Kemenuh Butterfly Park” dengan patung kupu-kupu raksasa berwarna-warni dan posisinya tegak berdiri di samping “kandang” kupu-kupu (Lepidoptera) tak jauh dari lobby.

 [caption caption="Tiket Masuk"]

[/caption]

Akhirnya saya turun dari mobil. Terik matahari Selasa siang (5/1) sekitar pukul dua belas seperti membakar kepala saya. Begitu tiba di Lobby, senyum gadis bali menyambut kedatangan kami dengan senyum dan memberikan segelas air jeruk dingin  sebagai “welcome drink”.

Berdasarkan informasi yang saya dapat, taman kupu-kupu Kemenuh ini mudah dijangkau. Hanya 10 menit berkendara dari Ubud, 25 menit dari Sanur, Denpasar, 45 menit dari Kuta dan 1 jam dari Bandara Ngurah Rai dan daerah Nusa Dua.

Setibanya di lobby, kami disambut dengan ramah oleh seorang petugas berpakaian adat Bali. Sebelum kami membayar tiket masuk untuk Dewasa Rp. 25.000,- dan untuk Anak-anak Rp. 15.000,- petugas menceritakan latar belakang berdirinya Taman Kupu-kupu Kemenuh ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x