Mohon tunggu...
Lorensa Prima Dwi Adha
Lorensa Prima Dwi Adha Mohon Tunggu... Lainnya - Media katarsis

Seorang pelajar yang tidak menginginkan sukacita yang lebih daripada sukacita yang datang dari dalam

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenal Manfaat Program MBKM Melalui Kacamata Dunia Kerja: Magang Merdeka X MMSGI

4 Agustus 2022   17:52 Diperbarui: 4 Agustus 2022   18:13 113 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada tahun 2020 merupakan angin segar dalam inovasi perkembangan Pendidikan Indonesia. Pasalnya Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun tersbeut menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang Tangguh dalam menghadapi perubahaan sebagai bekal memasuki dunia kerja. 

Oleh karena itu diluncurkanlah gebrakan inovasi Pendidikan yaitu Program Merdeka Belajar -- Kampus Merdeka yang diatur dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 18.

Lewat Program Merdeka Belajar -- Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa mendapat kesempatan maksimal 2 semester untuk merasakan pembelajaran di luar program studi baik secara teoritikal maupun secara praktikal. 

Setiap 1 (satu) semester setara dengan 20 SKS yang terjamin konversi di program studi asal yang ditempuh. Program-program yang ditawarkan meliputi: Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar, Studi Proyek Independen Bersertifikat dan Magang Bersertifikat, dan lain sebagainya.

Setiap mahasiswa memiliki ketertarikan tersendiri dari program-program yang ditawarkan, salah satunya yang sangat memikat dan memberikan euphoria yang besar yaitu program Magang Bersertifikat atau biasa disebut Magang Merdeka. 

Program ini sendiri merupakan program yang dinilai sangat memberikan manfaat untuk mahasiswa agar mendapatkan pengalaman di dunia profesi/ perusahaan/ berbagai sector industry. Sehingga mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama berkuliah bersama perusahaan yang telah terakurasi Kemendikbudridtek.

Pada saat ini yang merupakan awal pembukaan pendaftaran Magang Merdeka Batch 3, terlihat para mahasiswa memberikan antusiasme yang luar biasa untuk program yang satu ini. Dan saya pun merupakan salah satu mahasiswa yang pernah andil dalam antusiasme yang sama di Magang Merdeka Batch 2 yang lalu. 

Setelah melewati berbagai tahap rekruitmen di berbagai perusahaan saya berhasil untuk mendapat penawaran di perusahaan yang pertama kali memberikan undangan saya interview mengalahkan sejumlah lebih dari 15.000 mahasiswa se Indonesia. 

Perusahaan tersebut adalah MMS Group Indonesia, sebuah holding company yang memiliki banyak business line terutama bidang Batu Bara di berbagai daerah Nusantara.

Selama 6 bulan menjalani program Magang Merdeka tersebut saya mendapatkan berbagai manfaat yang dapat saya rasakan, antara lain:

1. Memahami realita dunia kerja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan