Mohon tunggu...
Popy Indriana
Popy Indriana Mohon Tunggu...

Talkative outside, an introvert inside.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Mengenal Batak, Mencicipi Kulinernya

1 September 2015   12:33 Diperbarui: 1 September 2015   12:33 163 0 2 Mohon Tunggu...

Sabtu 29 Agustus 2015 lalu untuk pertama kalinya gabung di Komunitas Kompasianer Penggila Kuliner (KPK) . Bisa dikatakan “last minute” ketika mas Rahab menginbox untuk mengingatkan registrasi pada Jumat malam . Akhirnya bisa menikmati dan mengenal kuliner khas Batak (Sumatera Utara).

Lokasi yang relatif  dekat rumah yaitu di Summarecon Mall Serpong (SMS) ternyata bukan kali pertama menyelenggarakan Festival Kuliner Serpong. Sudah sejak tahun 2011 festival kuliner ini digelar dengan tema budaya nusantara yang berbeda setiap tahunnya . Itu berarti saya sudah melewatkan empat kali kesempatan menjelajah nusantara dengan mencicipi kulinernya dalam ruang yang cukup dekat.

Festival Kuliner Serpong yang merupakan event tahunan yang digagas SMS tentu tidak sekedar mempunyai misi melestarikan beragam budaya nusantara tetapi saya pikir lebih dari itu. SMS jitu menangkap potensi kota Tangerang Selatan yang merupakan kota baru yang menjadi penyangga Jakarta. Ada banyak sekali pendatang dari berbagai penjuru Indonesia yang akhirnya menetap di Tangerang Selatan karena bekerja di Jakarta, seperti saya juga yang sudah menetap sejak tahun 2011.

Kerinduan akan kuliner kampung halaman sekaligus mengenalkan miniatur Indonesia dalam event tahunan ini menjadikan Mall tidak sekadar tempat belanja dan jalan-jalan (lifestyle center) tetapi lebih dari itu sebagai mall keluarga, SMS bisa menjadi tempat belajar yang menyenangkan untuk mengenalkan budaya nusantara kepada anak-anak melalui festival kulinernya.

Tahun 2015 ini tema yang dibawa adalah Sumatera Utara (Batak) dengan tag line “Horas...Beta Mangan Hita” yang saya artikan secara sederhana “ pokoknya kita kenyanglah” ... :) memang benar-benar membuat saya tak berhenti “mengunyah” dan mencicipi.

[caption caption="Ucapan Selamat Datang"][/caption]

Ada sekitar 63 stand dan 26 gerobak, ini informasi yang di released Public Relation Summarecon Mall Serpong. Diantaranya yang sudah saya capture dan catat standnya, terutama yang bercirikan kuliner khas Medan yaitu : Oleh-oleh khas medan, Es Campur Jelly Pluit Sakti, Martabak Medan Pluit Sakti, Lap Coi dan Mie Sop Ayam Medan, Asli Soto  Medan Muara Karang, Cicongfan Pluit Sakti, Kwetiau Ashim Medan,Lontong Medan Alay, Bakso Sarkid Tanah Tinggi, Nasi Udang Ayam Medan Wen-Wen, Rujak Kolam Medan,Bihun Bebek 75 Pluit Sakti dan masih banyak lagi.

[caption caption="Deretan Stand Kuliner Khas Medan"]

[/caption]

[caption caption="Stand Martabak Medan"]

[/caption]

[caption caption="Sudut Lain Deretan Kuliner Medan"]

[/caption]

[caption caption="Stand Rujak Kolam dan Bihun Bebek Medan"]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN