Mohon tunggu...
Lohmenz Neinjelen
Lohmenz Neinjelen Mohon Tunggu... Bola Itu Bundar Bukan Peang

Bola Itu Bundar Bukan Peang

Selanjutnya

Tutup

Politik

Jokowi Salah, Jika Ia Melakukan Hal Ini?

20 Agustus 2019   03:42 Diperbarui: 20 Agustus 2019   04:27 0 3 0 Mohon Tunggu...
Jokowi Salah, Jika Ia Melakukan Hal Ini?
sumber gambar: konfrontasi.com

Jokowi salah?

Seharusnya tak perlu heran jika ada pertanyaan seperti itu. Biasa saja, santai, boleh juga sambil minum air putih, atau melakukan hal lainnya.

Jokowi juga manusia seperti Prabowo, Megawati, Surya Paloh, Amien Rais, Ahok, Anies Baswedan, Fadli Zon, Fahri Hamzah, Abdul Somad, dan lain-lain. Selama masih manusia bisa saja berbuat salah. Makanya tak usah heran jika Jokowi salah atau melakukan sebuah kesalahan yang tidak perlu.

Belakangan ini nama-nama menteri Jokowi untuk kabinet yang akan datang cukup menarik perhatian masyarakat, dan Jokowi salah atau bisa melakukan kesalahan terkait hal ini.

"Kabinet bisa diumumkan kapan saja, enggak perlu nunggu Oktober," kata Jokowi. Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang membenarkan Jokowi akan mengumumkan kabinetnya sebelum Oktober. "Iya sudah akan segera diumumkan," ujarnya.

Soal menteri Jokowi ini pun bisa membuat orang lain tersenyum simpul. Megawati menolak jika PDIP hanya mendapat jatah empat menteri. Muhaimin Iskandar berharap PKB bisa mendapat 10 kursi menteri. NasDem?

"Suara Nasdem kan lebih besar daripada PKB di DPR berdasarkan kursi. Maka sepantasnya Nasdem mengusulkan sebelas menteri," kata politikus Nasdem, Tengku Taufiqulhadi.

Jokowi dilantik jadi presiden pada 20 Oktober 2019, dan Jokowi salah jika ia mengumumkan susunan kabinet periode 2019-2024 sebelum tanggal tersebut. Menurut pengamat hukum tata negara Bayu Dwi Anggono, jika Jokowi melakukannya berpotensi melanggar UU 39/2008 tentang Kementerian Negara.

"Secara politik dapat diterima (pengumuman susunan kabinet) namun secara hukum tata negara mengandung permasalahan karena bertentangan dengan UU 39/2008 tentang Kementerian Negara," katanya di sini.

"Pengumuman susunan kabinet yang dilakukan sebelum tanggal 20 Oktober 2019 jelas tidak bisa dilakukan mengingat sebelum tanggal itu Joko Widodo belum sah sebagai Presiden masa jabatan 2019-2024 sehingga tidak punya kedudukan hukum mengumumkan kabinet periode 2019-2024," ujarnya menambahkan.

Jokowi salah atau berpotensi melanggar Undang-Undang yang ada jika mengumumkan susunan kabinet sebelum dilantik pada 20 Oktober 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2