Mohon tunggu...
Lohmenz Neinjelen
Lohmenz Neinjelen Mohon Tunggu... Bola Itu Bundar Bukan Peang

Bola Itu Bundar Bukan Peang

Selanjutnya

Tutup

Politik

Bayang-bayang Amien Rais yang Tetap Mengikuti

11 Juli 2019   17:05 Diperbarui: 11 Juli 2019   18:02 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bayang-bayang Amien Rais yang Tetap Mengikuti
sumber gambar: detik.com

Bayang-bayang Amien Rais menjadi pembicaraan atau disinggung oleh politikus yang juga merupakan kader PAN.

Sebelum membahas bayang-bayang Amien Rais, terlebih dahulu menyimak pernyataan yang dikeluarkan oleh Ketua Dewan Pembina PAN ini. 

"Saudara-saudaraku para kader PAN se-Indonesia, para pemilih PAN dan simpatisan yang saya cintai dan saya hormati. Akhir-akhir ini banyak kontroversi apakah PAN sebaiknya bergabung dengan Pak Jokowi atau di luar," kata Amien Rais.

"Nah, dengarkanlah nasihat saya. Jangan kita rabun ayam hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung. Kemudian bagaimana pendapat opini yang sekian hampir sepuluh juta pemilih kita itu."

Sila simak artikel sebelumnya: Nasihat Amien Rais yang Sangat Bijaksana

Nasihat Amien Rais di atas tadi disentil oleh Bara Hasibuan, dan cukup keras pula. Menurutnya PAN harus dapat melepaskan diri dari bayang-bayang Amien Rais sehingga bisa bebas memutuskan sikap politiknya.

"Tidak bisa kalau kita mengeluarkan keputusan itu selalu kita selalu khawatir apakah orang ini setuju atau tidak, suka atau tidak, itu tidak bisa," kata Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan seperti dikutip dari jawapos.com.

Apakah orang ini? Ada kalimat seperti itu dikatakan Bara Hasibuan. 

Ih, ngeri kali! Mungkin saja ada sebagian pihak yang mengatakan ucapannya itu kasar, tapi mungkin juga ada sebagian pihak lainnya yang menilai keras.

Terlepas kasar atau keras, pernyataan Bara Hasibuan itu ada benarnya juga, PAN harus bisa lepas dari bayang-bayang Amien Rais. Sayang sekali jika PAN yang terbentuk di awal reformasi itu tak bisa menjadi "partai dewasa", atau masih saja terus menerus "menetek" pada sosok seorang Amien Rais.

Namun untuk saat ini, entah kader-kader PAN lebih banyak atau sedikit yang mengikuti nasihat Amien Rais tadi, sebaiknya Jokowi tak perlu mengajak PAN bergabung dalam pemerintahan baru yang akan datang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2