Mohon tunggu...
Lody Purba
Lody Purba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Vinsensius Lodhewiek Purba

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Film

Tionghoa di Negeri Bhinneka Tunggal Ika, Kontroversi Film "Blind Pig Who Wants To Fly" (2008)

13 November 2022   22:52 Diperbarui: 13 November 2022   23:05 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sinopsis Film Blind Pig Who Wants To Fly (2008)

Film Blind Pig Who Wants To Fly yang masuk dalam kategori film drama ini di pimpin produksinya oleh Edwin seorang asli Etnis Tionghoa, dan diperankan oleh Ladya Cheryl sebagai Linda, Clarine Baharrizki sebagai Linda kecil, Joko Anwar sebagai Yahya, Andhara Early sebagai Salma, Pong Harjatmo sebagai Dokter Halim, Carlo Genta sebagai Cahyono, Elizabeth Maria sebagai Verawati dan Wicaksono sebagai Romy.

Film berdurasi satu jam tujuh belas menit ini mengisahkan beberapa karakter dengan obsesi mereka masing-masing dan mewakili keresahan serta harapan kaum minoritas.

Berbicara tentang perfilman tentu ada regulasi yang menjadi benteng yang harus bisa dilewati oleh tim produksi film Film yang dapat diedarkan harus memiliki Surat Tanda Lulus Sensor (STLS).

Misalnya, film tersebut dengan sengaja bertujuan untuk mendiskriminasi ras, suku, atau golongan tertentu dan berisi tentang pornografi (eksploitasi seksual), penyalahgunaan narkotika, perjudian, kekerasan, agama, dan harkat dan martabat manusia.

Dalam melakukan penyensoran, setiap anggota LSF telah terpateri empat elemen dasar yang telah ditetapkan oleh PP. No.7/1994.

Keempat elemen yang dinilai Lembaga Sensor Film (LSF) meniadi pembuka kunci dalam menentukan kelayakan tayang sebuah film yaitu mengenai isi materi sensor yang diantaranya:

a.Penilaian sisi keagamaan

b. Penilaian sisi ideologi dan politik

c. Penilaian sisi sosial budaya masyarakat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun