Mohon tunggu...
Lody Purba
Lody Purba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Vinsensius Lodhewiek Purba

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Perkembangan Tribunnews, Berani Tampil Beda di Bawah Naungan Raksasa Media

5 Oktober 2022   03:10 Diperbarui: 5 Oktober 2022   03:12 117 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://surabaya.tribunnews.com/2022/08/07/rayakan-hut-emas-radio-sonora-pecahkan-rekor-muri-talkshow-interaktif-dengan-komunitas-terbanyak

Pelopor Media Online

Teknologi saat ini berkembang saat pesat, kemunculan dan maraknya internet di Indonesia pada tahun 90-an mengajak media untuk mulai membuat platformnya. Perkembangan internet yang terus berkembang pesat juga mengajak konsumen untuk berpindah dari media lokal ke media internasional.

Minat baca orang Indonesia yang tergolong rendah membuat banyak konsumen lebih suka membaca koran elektronik dibandingkan koran cetak.

Kecanggihan teknologi dan perkembangan internet yang terus berkembang pesat juga diikuti dengan perkembangan media online yang dari tahun ke tahun semakin marak. Media online Indonesia muncul yang dipelopori oleh Republika online pada tanggal 17 Agustus 1994.

Pembredelan Tempo

Sebelum Republika Online berdiri, pada tahun 1971 berdiri media cetak yaitu Majalah Tempo. Diawali dengan perundingan enam orang wartawan, Majalah Tempo berdiri berkat kerja sama enam wartawan Tempo dengan ketua Yayasan Jaya Raya.

Pada Orde Baru Tempo disinyalir sebagai media adu domba yang mengganggu stabilitas nasional, hal itu dibuktikan dengan provokasi yang dilakukan Tempo terhadap transaksi kapal perang milik Jerman Timur.

Tempo sudah melanggar pasal yang ada, kemudian ditindak lanjuti oleh pemerintah dan akhirnya media ini dibredel.

Wartawan majalah Tempo akhirnya menganggur karena medianya dibredel oleh pemerintah. kemudian mendirikan Tempointeraktif.com yang diluncurkan pada 6 Maret 1996.

Berdirinya Tribunnews.

Divisi Koran Daerah Kompas-Gramedia (Group of Regional Newspaper) yang berkantor pusat di Jakarta, meluncurkan brand Tribunnews pada 22 Maret 2010. Perkembangan teknologi yang begitu pesat mendorong Kompas-Gramedia menyikapi hal itu dengan meluncurkan Brand Tribunnews.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan