Mohon tunggu...
Lizda Immatus Soraya
Lizda Immatus Soraya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok, Platform Pemasaran Digital Produk Bisnis

13 Juni 2022   17:00 Diperbarui: 13 Juni 2022   17:07 864
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Penggunaan Media Sosial sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Bisnis

Pada saat ini, kita telah memasuki era globalisasi dan digitalisasi yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan cepat. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan cepat tersebut juga didukung oleh ketersediaan jaringan internet yang semakin memadai sehingga melahirkan sebuah media baru, yang kita kenal dengan sebutan media sosial.

Pada awalnya media sosial hanya digunakan sebagai ajang berpartisipasi, berbagi, berkomunikasi, dan bersosialisasi oleh seluruh manusia di berbagai belahan dunia, namun seiring perkembangan zaman maka perkembangan media sosial pun juga semakin masif, di mana pada saat ini media sosial juga digunakan sebagai media promosi produk bisnis.

Media sosial yang pada awalnya hanya digunakan sebagai media komunikasi namun sekarang dapat beralih fungsi menjadi media promosi produk bisnis tidak lain dikarenakan sejatinya fenomena digitalisasi telah merasuk ke seluruh sektor kehidupan manusia, mulai dari sektor politik, ekonomi, sosial budaya, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, publik, hingga bisnis.

Zaman berkembang, teknologi berkembang, media sosial berkembang, begitu pula dengan media promosi. Media promosi pada awalnya hanya melalui media cetak seperti brosur, pamflet, poster, dan banner, melalui media massa seperti surat kabar dan majalah, serta melalui media elektronik seperti radio dan televisi. Namun pada saat ini media promosi telah beralih melalui media internet yang pada akhirnya kita kenal sebagai promosi digital atau pemasaran digital.

Kita dapat menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran digital produk bisnis dengan cara mengenalkan suatu produk bisnis dan memberikan informasi tentang produk bisnis tersebut kepada masyarakat. Setelah masyarakat tahu dan tertarik dengan produk kita, kita dapat memasarkan produk bisnis tersebut kepada mereka. Dengan melakukan pemasaran digital, pangsa pasar kita bukan hanya masyarakat regional, tetapi juga masyarakat nasional, bahkan masyarakat internasional, mengingat media sosial mempunyai jangkauan yang sangat luas.

Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Bisnis

Salah satu media sosial yang dapat digunakan sebagai platform pemasaran digital produk bisnis adalah media sosial TikTok. Hal ini dikarenakan pada saat ini media sosial TikTok merupakan salah satu platform yang merajai media sosial di Indonesia.

Pada awal kemunculannya media sosial TikTok kurang diminati oleh warganet Indonesia, namun pada akhirnya media sosial TikTok seperti “lahir kembali” dan sangat diminati oleh hampir seluruh kalangan masyarakat di Indonesia, khususnya kalangan milenial. Media sosial TikTok mulai diminati oleh warganet Indonesia pada saat pandemi Covid-19, yang kemudian media sosial TikTok mengalami perkembangan yang sangat pesat dan cepat. Bahkan media sosial TikTok menjadi salah satu trend dan budaya baru di Indonesia hingga saat ini.

Media sosial TikTok merupakan platform media sosial yang berisi kumpulan video pendek. Selain melihat video orang lain, para pengguna juga bisa membuat videonya sendiri dengan durasi yang bervariasi mulai dari 15 detik hingga 3 menit. Para pengguna juga dapat memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di dalamnya, seperti special effects dan sound effects yang unik dan menarik.

Para pengguna menggunakan aplikasi TikTok untuk sekedar berkreativitas atau memberikan informasi mengenai suatu hal. Lalu para pemilik bisnis atau pelaku usaha pun menggunakan kreativitas mereka untuk memanfaatkan celah tersebut untuk mempromosikan produk bisnisnya. Mereka dapat dengan mudah membuat konten pemasaran digital mulai dari foto atau video produk bisnis mereka, lalu tanpa mengeluarkan biaya yang mahal mereka bisa membagikan konten tersebut untuk menarik calon konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun