Mohon tunggu...
LIZA LINDAWATI
LIZA LINDAWATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti || Sebagai Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 || Jurusan D-4 Perhotelan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sales Promotion

8 November 2021   12:58 Diperbarui: 8 November 2021   13:45 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

hai readers perkenalkan nama saya Liza Lindawati saya mahasiswa Sekolah Tinggi Pariewisata Trisakti Jakarta, saya salah satu mahasiwa penerima beasiswa Bidikmisi.

Naha kali saya akan membahas sedikit tentang sales promotion atau promosi penjulalan.
happy reading...

Promosi penjualan adalah dimana upaya penjualan yang sering oleh suatu perusahaan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk yang terbaru maupun penjualan produk lama dan tujuannya untuk menaikkan penjualan. Promosi penjualan terdiri dari stimulan jangka pendek, dan untuk itu mendorong pembelian ataupun penjualan suatu produk atau layanan yang akan dipromosikan kepada konsumen. 

Pada umumnya, promosi penjualan bersifat sementara dan difokuskan dalam memikat perhatian konsumen pada suatu produk yang dilakukan oleh suatu hotel atau perusahaan pada saat tertentu saja.

Ada beberapa contoh promosi yang biasa kita jumpai khususnya bagi konsumen, misalnya memberikan diskon harga pada suatu poduk, dengan adanya diskon tersebut konsumen jadi tertarik untuk membeli produk tersebut karena harga barang tersebut sudah turun dari harga awal. 

Dan juga kita bisa melakukan dengan cara lain yaitu buy one get one nah bentuk promosi seperti ini sering juga kita jumpai di supermarket konsumen akan berfikir dua kali untuk membeli produk tersebut. dan masih banyak contoh lain yang bisa dilakukan untuk mempromosikan pruduk di pasar.

Promosi penjualan mencakup berbagai alat promosi yang dirancang untuk merangsang respons pasar awal atau kuat. Ini termasuk menetapkan tujuan promosi penjualan, alat promosi konsumen seperti (sampel, kupon, rabat, harga-off, premi, kontes, dan point-of-purchase / POP Promotion),

tunjangan pembelian promosi perdagangan (barang gratis, iklan koperasi, dan push money), dan promosi tenaga penjualan (bonus dan kontes), Menemukan Ide Kreatif, Mengembangkan Program Promosi Penjualan, Pretesting &Implementasi Rencana, Mengevaluasi Hasil. Promosi penjualan yang terencana dengan baik dapat menghasilkan publisitas.

Nah readers itulah sedikit penjelasan tentang sales promotion atau promosi penjualan, terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca tulisan saya. Semoga bisa membantu dan bermafaat, maaf bila masih ada kekurangan dalam tulisan saya, terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun