Mohon tunggu...
Olivia Marveline
Olivia Marveline Mohon Tunggu... Editor - Female, Young

IGOT7 Forever! GOT7 JJAI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kekuatan SEO di Jurnalisme Digital: Tips dari NYTimes dan CNN

16 Oktober 2022   23:38 Diperbarui: 17 Oktober 2022   01:32 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SEO di Dunia Internet, sumber: European Journalism Observatory

Jurnalisme yang dikenal sejak dahulu merupakan jurnalisme warga, di mana dalam Widodo (2020) memiliki definisi berupa informasi dan opini yang dikemas dalam bentuk berita dan dipublikasi secara rutin (harian/mingguan/bulanan) tanpa melibatkan komentar dari pembaca maupun tautan (link).

Namun, dengan perkembangan zaman, terdapat jurnalisme warga yang memiliki perbedaan berupa melibatkan para pembaca untuk memberikan komentar/opini mereka terhadap berita yang telah mereka baca, atau dapat menautkan (link) juga.

Kehadiran jurnalisme warga juga merupakan tanda akan kehadiran jurnalisme digital dalam dunia jurnalisme.

Dampak dari jurnalisme digital kepada dunia jurnalisme salah satunya adalah konten berita yang dibaca oleh para pembaca bergantung kepada SEO (Search Engine Optimization).

Jurnalisme digital di Amerika, seperti situs berita CNNewssource.com dan NYTimes.com membagikan berbagai tips untuk menghadapi pesatnya persaingan di internet atas dampak dari penggunaan SEO demi memunculkan situs yang dimiliki pada urutan pertama di halaman mesin pencarian.

SEO: Definisi dan Fungsi

Search Engine Optimization (SEO) merupakan alat yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dari pengguna internet dalam mengakses sebuah situs maupun halaman situs yang berasal dari mesin pencarian yang ada (Giomelakis; Karypidou; dan Veglis, 2019, h. 2).

Secara umum, SEO berhubungan dengan bagaimana posisi dan frekuensi kemunculan dari sebuah situs di dalam halaman hasil pencarian dari mesin pencarian (Search Engine Results Page).

Malaga membagi praktik SEO dalam 4 kategori besar: Pencarian Kata Kunci, Indeks Mesin Pencarian, On-page Optimization, dan Off-page Optimization. Keempat praktik ini ketika diterapkan maka akan menghasilkan sebuah situs yang memiliki angka pengunjung yang tinggi.

Dengan segala perkembangan yang ada, Ledford telah memperhatikan bahwa SEO dipengaruhi oleh hasil pencarian dan kualitas dari situs yang dikaitkan dengan algoritma yang sudah ada, di mana terdapat faktor-faktor berupa lokasi; frekuensi dari kata kunci; tautan atau clickthrough rates.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun