Mohon tunggu...
Analisis

Memahami Tahapan Pengembangan Tim Dalam Suatu Organisasi

24 Juli 2018   18:38 Diperbarui: 19 Juli 2021   22:29 2563 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam mencapai keberhasilan kekompakan team dalam organisasi sangat berpengaruh penting untuk mencapai tujuannya, apakan setiap anggotanya dapat menghasilkan kinerja yang selaras dalam pencapaian tujuannya atau hanya memecah belah sehibgga setiap pencapaian yang akan di tuju hanya terbuang sia-sia.

Maka dari itu kita juga perlu memahami Tahapan-tahapan Perkembangan Tim, yaitu:

Forming
Pada tahap ini, anggota tim masih mencoba untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Anggota tim masih membawa pola pikir dan perilaku lama, sebelum dia bergabung dengan tim. Tugas, tanggung jawab dan struktur masih belum terdefinisi dan terbentuk dengan baik.

Storming
Karena adanya ketidakpastian dan ketidakjelasan, maka pada tahap ini akan sering sekali terjadi konflik internal tim. Dengan sering terjadinya konflik, akan muncul perasaaan tidak nyaman diantara anggota tim. Para anggota tim akan saling berkompetisi dan mencoba untuk mendominasi satu dengan yang lain. Akan muncul sikap yang saling menyalahkan jika terjadi masalah. Pertanyaan yang akan muncul pada tahap ini adalah "Apa peran saya?" atau "Siapa yang mengerjakan?" dan "Siapa yang bertanggung jawab?".

Tahap Storming merupakan tahap yang paling kritis. Tahap Stroming akan menentukan keberlangsungan sebuah tim.

Norming
Pada tahap ini aturan-aturan sudah terbentuk. Tujuan dan struktur sudah jelas dan semakin dipahami oleh anggota tim. Anggota tim juga sudah mengerti tugas dan tanggung jawab. Hubungan erat, kekompakan dan sinergi antara anggota tim sudah mulai terbentuk.

Performing
Pada tahap ini, anggota tim mulai menunjukkan performa atau kinerja seperti yang diharapkan, sehingga tim sudah dapat menjalankan fungsinya secara penuh untuk mencapai tujuan. Produktivitas tim mencapai tingkat tertinggi. Pertanyaan yang muncul pada tahap ini adalah, "Bagaimana cara agar saya dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik?".

Adjourning
Tahap ini merupakan tahap pembubaran tim. Tim sudah selesai waktu kerjanya dan para anggota tim kembali menjadi invidu-individu yang independent.

Supaya kita lebih mengerti apa yang akan terjadi dalam kerja team, saling mendukungan dan saling memotivasi akan sangat mudah untuk mencapai keberhasilan team.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan