Mohon tunggu...
Litta Umasugi
Litta Umasugi Mohon Tunggu... Guru - Peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 2 Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara

Profesi : Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Agama : Islam Pendidikan : S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Demonstrasi Kontekstual-Budaya Positif

26 Juni 2021   13:37 Diperbarui: 26 Juni 2021   13:47 384 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Demonstrasi Kontekstual-Budaya Positif
dokumentasi pribadi

                                                                                                   Demonstrasi Konstektual - Budaya Positif

Profil pelajajar pancasila adalah visi yang memuat upaya menumbuhkan karakter, kompetensi pelajar Indonesia serta serangkaian proses menumbuhkan, mengembangkan potensi agar menuntun anak menemukan jati diri kodrat yang ada pada diri mereka, untuk itu penting bagi sekolah untuk menerapkan budaya positif yang dapat menuntun murid dalam berprilaku, salah satunya adalah dengan melakukan kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas adalah keputusan yang diambil bersama guru dan murid untuk menciptakan  kegiatan belajar mengajar yang efektif  sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Guru dan murid membangun komitmen bersama untuk menjalankan kesepakatan bersama dengan penuh rasa tanggung jawab dan saling menghormati serta menghargai satu dengan yang lain.

Langkah awal yang saya ambil adalah memberikan sosialisasi pentingnya membuat kesepakatan baru di awal tahun ajaran kepada kepala sekolah dan rekan-rekan guru pada kegiatan MGMP sekolah. Kepala sekolah dan rekan-rekan guru sangat antusias dan setuju untuk melakukan kesepakatan kelas di awal tahun ajaran 2021-2022.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Selanjutnya saya melakukan kesepakatan dengan murid, kesepakatan kelas ini di lakukan di ruangan Mutu SMP N. 5 Tikep, ruangan ini adalah ruangan multimedia yang menyediakan sarana internet di dalamnya, ruangan ini juga sering di pakai oleh kepala sekolah berserta dewan guru dan pegawai untuk melakukan rapat seperti MGMP, rapat RKA sekolah, rapat pembentukan pantia dan lain-lain. Kesepakatan kelas ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Guru menyampaikan maksud dan tujuan membuat kesepakatan kelas.
  • Guru memutar Video penjelasan tentang panduan menyusun kesepakatan kelas dengan link video  

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
  • Guru menanyakan kepada murid tentang kelas impian mereka.
  • Murid merespon dengan memberikan pendapat mereka tentang kelas yang merekan impikan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
  • Guru dan murid berdiskusi, murid menyampaikan ide tentang poin-poin kesepakatan kelas dan menyepakati usulan yang kemudian diterima menjadi kesempatan kelas.
  • Guru membuka Tab Canva dan kemudian meminta murid menuliskan kesepakatan-kesepakatan tersebut di slide canva infografis. Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih desain element backround, style, font, shape serta color yang mereka inginkan dan menyepakati bersama mana yang menjadi pilihan mereka.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
  • Murid mengetik nama masing-masing di poster yang telah selesai di susun bersama sebagai bukti keterlibatan mereka dalam menyusun kesepakatan kelas.
  • Untuk memperkuat komitmen yang telah disusun, guru dan murid sama-sama menyepakati konsekuensi yaitu menerima konsokuensi sesuai dengan kesepakatan yang dilanggar. Guru dan murid juga sepakat untuk menuliskan kalimat-kalimat motivasi untuk terus semangat dan konsisten pada kesepakatan kelas yang telah di susun bersama.

  • Pada kegiatan menyusun kesepakatan kelas ini guru bertindak sebagai fasilitator dalam menuntun murid selama kegiatan membuat kesepakatan kelas. Mengarahkan murid agar menuangkan ide positif  ynag bisa dijadikan sebagai kesepakatan kelas. Guru memberikan keteladanan dengan menggunakan kata-kata positif selama proses penyusunan kesepakatan kelas.

  • Respon murid dalam berperilaku setelah kesepakatan kelas dibuat adalah murid bersemangat dan antusias untuk menerapkan kesepakatan kelas yang disusun bersama, saling menghormati dan menghargai satu sama lain serta berjanji untuk konsisten dalam menerapkan kesepakatan kelas.
  • Tantangan yang ditemui selama proses tersebut adalah beberapa anak belum mampu memberikan ide terkait penyusunan kesepakatan kelas, tidak semua ide murid dapat dituangkan kedalam kesepakatan kelas sehingga guru perlu berperan aktif untuk menenangkan dan kemudian mengarahkan merangkum ide-ide tersebut menjadi kesepakatan yang dapat diterima oleh semua murid. Dari semua proses yang terjadi dalam menyusun kesepakatan kelas ini membuahkan hasil Kesepakatan Kelas yang sesuai dengan konsep Budaya Positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan