Mohon tunggu...
Muhammad NaufalFadilah
Muhammad NaufalFadilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Sejarah UPI

Saya adalah Mahasiswa Pendidikan Sejarah UPI.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Adu Prestasi ala Peserta Didik SMP Negeri 3 Cimahi

21 September 2021   20:15 Diperbarui: 26 September 2021   12:17 128 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Adu Prestasi ala Peserta Didik SMP Negeri 3 Cimahi
Kegiatan KSN IPS tingkat kota Cimahi di SMP Negeri 3 Cimahi

KOMPETISI SAINS NASIONAL (KSN) 2021

Ajang Adu Prestasi Peserta Didik SMP Se-Kota Cimahi

Kompetisi Sains Nasional (KSN) atau yang sebelumnya dikenal sebagai Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kompetisi berbasis mata pelajaran yang diselenggarakan sejak bangku Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Kegiatan ini berlangsung melalui beberapa tahapan, mulai dari tahapan sekolah, kota/kabupaten, provinsi hingga nasional. 

Setiap jenjang pendidikan memiliki mata pelajaran berbeda yang diperlombakan. Jenjang SD hanya mengadakan dua mata pelajaran, yaitu matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Adapun pada tingkat SMP terdapat tambahan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). 

Pada tingkat SMA yang memiliki tingkatan materi yang lebih luas dan dalam terdapat mata pelajaran yang lebih beragam untuk diperlombakan, meliputi mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi, informatika, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi. Bersama dengan kegiatan perlombaan-perlombaan lainnya, kegiatan KSN ini diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Tentu saja tanpa mengenyampingkan kompetisi lainnya, KSN merupakan kompetisi tertinggi yang diadakan resmi oleh pemerintah dalam bidang mata pelajaran dan menjadi ajang adu prestasi bagi seluruh peserta didik di tingkat SD hingga SMA di seluruh Indonesia. 

Oleh karena itu, setiap sekolah mempersiapkan KSN dengan matang bahkan tak sedikit sekolah yang rela menggelontorkan dana besar untuk mempersiapkan para peserta didik yang hendak berlomba dalam kompetisi ini, termasuk oleh SMP Negeri 3 Cimahi.

Pengalaman unik dan berharga dialami oleh penulis ketika menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SMP Negeri 3 Cimahi. Kegiatan KKN yang diadakan sejak 26 Agustus hingga 26 September 2021 ini ternyata bersamaan dengan persiapan kegiatan KSN tingkat Kota Cimahi yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 September 2021. 

Alhasil penulis dengan rekan saya, bernama Azura Firdaus diminta oleh guru mitra untuk membantu persiapan kegiatan KSN tersebut. 

Meskipun kami rasa membimbing kegiatan KSN merupakan sebuah tanggung jawab yang besar dan di luar kemampuan kami sebagai mahasiswa KKN yang berlatar belakang Pendidikan Sejarah, kami berupaya untuk membantu guru mitra semampu kami. Sebelum kegiatan pendampingan dilakukan pada tanggal 13 September 2021, kami berupaya untuk mendalami materi yang telah lama tidak kami sentuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan