Mohon tunggu...
Literasi Muda
Literasi Muda Mohon Tunggu... Dalam gelap mencari cahaya, dalam terang mendambakan gelap.

Perspektif berbeda memang hal yang unik, dimana setiap individu dapat menyimpulkan apa yang mereka pahami. Seiring dengan perkembangan digital, perlu rasanya kita kemukakan literasi penyekong terhadap pembenaran itu sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Social Distancing ala Anak Cihuy PT Lentera Nusantara

6 November 2020   17:44 Diperbarui: 6 November 2020   17:59 82 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Social Distancing ala Anak Cihuy PT Lentera Nusantara
lenterabumi.com

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia[1].Di Prancis salah satu ibu kota di dunia yang terkena virus Corona semakin Mengganas.Otoritas Kesehatan Prancis melaporkan pada Senin (2/11/2020) mencatat rekor kasus baru positif Corona sebanyak 52.500 kasus dalam 24 jam waktu setempat

Dikutip dari Laman Reuters,Rekor kasus baru Virus Corona yang terjadi pada tanggal 25 Oktober 2020 melaporkan  ada 52.000 kasus.  Di Indonesia, berdasarkan data dari kementrian kesehatan sampai tanggal 26 Oktober 2020 kasus positif corona telah mencapai angka 392 ribu jiwa.

Penyebaran ini sudah terjadi hampir diseluruh wilayah nusantara.Perlu penanganan cepat dari Pemerintah dan masyarakat untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19.Dengan wilayah Indonesia yang luas membuat penanganan khusus Covid-19 sedikit terhambat dalam pengiriman alat penunjang kesehatan karena jarak yang cukup jauh dan jadwal pengiriman yang terbatas.

Dokter Vito A.Damay salah satu dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DAN Junior Doctor Network (JDN) Indonesia menyatakan bahwa orang yang masih berusa muda tidaklah kebal terhadap serangan Virus COVID -19 Ini.

"Pada Faktanya Adalah orang-orang yang banyak terkenda dampak dari virus COVID-19 justru orang-orang yang usianya masih tergolong masa produktif.Karena mereka yang banyak dan sering berinteraksi dengan orang-orang di luar rumah ,"Kata Vito dari Graha BNPB,Jakarta beberapa waktu lalu,ditulis Jumat (28/9/2020).

Vito mengatakan ,banyak orang yang sudah terlalu asyik bicara dan berinteraksi dengan mereka yang ada di sekitarnya saat berkegiatan di luar rumah dan terkadang sering lupa akan protokol kesehatan dan melepaskan masker atau tidak memakai masker sama sekali ketika sedang berinteraksi dengan siapapun dan dimanapun.

"Sehingga orang orang yang tergolong dalam masa usia produktif,orang-orang yang masih berusia relative masih muda,masih usia antara 20 -- an sampai 30 -- an tahun,mereka yang justru banyak tekenda dampak dari infeksi massal virus Covid-10 ini,"Kata Vito yang merupakan salah satu dokter spesialis jantung dan pembuluh darah tersebut.

Pada hari pertama penerapan Status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta ,Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan kepada seluruh Masyarakat Indonesia Terkait Covid-19 melalui rekaman Videonya.

Dalam pesan yang disampaikan tersebut,Jokowi menyampaikan bahwa pada saat ini sudah ada lebih 209 negara di dunia,termasuk Negara Indonesia  sedang menghadapi Tantangan yang sangat berat terhadap dampak wabah pandemic Virus Corona atau Covid-19.

"Masa yang berat bagi kehidupan kita,bahkan pandemi corona ini membawa kesedihan bagi sebagian orang dan kesulitan bagi banyak orang.Dan kita semua mengalami perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari," .Kata Jokowi ,Jumat (10/4/2020).

Dalam kesempatan tersebut,Jokowi juga menyamoaikan penghargaan,apresiasi dan terima kasih kepada semua dokter,perawat dan seluruh tenaga medis yang telah berjuang di garis depan hingga saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN