Mohon tunggu...
Lita Ananta Putri
Lita Ananta Putri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiwi jurnalistik/ ig: @Litaananta_

Haloo saya lita ananta putri,mahasiswa baru di prodi jurnalistik, saya senang sekali belajar menulis berita,semoga brita yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi semua nya trimakasih...

Selanjutnya

Tutup

Nature

Fenomena Alam Braja yang Muncul pada Malam Pergantian Tahun

1 Desember 2022   16:19 Diperbarui: 1 Desember 2022   16:30 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Tia/kontributor pasangmata.com

Fenomena Alam Braja Yang Muncul Pada Malam Pergantian Tahun

Depok-Memasuki bulan Desember,Semenjak terdapatnya fenomena alam yang mengejutkan semua orang, yaitu munculnya braja di depok-sawangan , yang membuat malam tahun baru\ malam pergantian tahun di ramaikan banyak pengunjung untuk menyaksikan braja yang muncul entah asal nya dari mana.

Fenomena Braja ini muncul setiap malam tahun baru saja, apakah pada bulan desember 2022 akhir akan di ramaikan seperti malam malam tahun baru sebelum nya?

Fenomena braja atau bisa di sebut dengan bola api ini, menjadi tontonan warga sawangan bahkan banyak dari daerah lain datang hanya untuk melihat braja yang muncul di malam tahun baru di pukul 00.00 WIB. Sakin banyak nya warga yang datang , kepolisian pun ikut turun tangan untuk memberikan pengamanan.

"Itu sudah menjadi kebiasaan tiap tahun melihat braja, jadi kita amankan karna jumblah massa yang banyak" ujar kapolsek sawangan.

Pada tahun 2016 dan seterusnya yang makin ramai di datangi massa hanya untuk melihat fenomena yang muncul pada setahun sekali, ada beberapa personel kepolisian yang di arahkan untuk mengamankan massa. Yaitu pada 5 titik di 3 desa di antara nya, perigi, pasir putih, dan bedahan.

Di sawangan, fenomena braja muncul setiap malam tahun baru\ pada saat malam pergantian tahun. Salam seorang warga asli sawangan yang mengetahui tentang kebenaran fenomena alam ini berkisah, bahwa fenomena ini muncul di sebuah kawasan yang dahulunya pernah menjadi tempat waduk bernama setu Gugur.

Kurang lebih pada tahun 1960-an, waduk ini jebol dan ikan ikannya berhamburan keluar, entah apa kaitannya dengan waduk tersebut. Setelah waduk itu hilang kerap sekarang muncul fenomena aneh yang biasa di sebut dengan braja, dan lebih aneh nya lagi fenomena ini benar benar hanya muncul ketika malam pergantian tahun saja. Fenomena ini menyebar dari mulut ke mulut sejak tahun 2006 hingga sekarang, hingga banyak pengunjung dari luar sawangan yang datang hanya untuk melihat fenomena yang langka ini.

Banyak yang belum tahu bentuk dari braja tersebut, bisa di deskripsikan sedikit bentuk dari braja tersebut seperti bola api yang melambung ke udara dengan waktu yang cukup lama dan cukup untuk di pandangi oleh pengunjung yang datang. Muncul nya braja tersebut juga sedikit aneh, karna muncul nya yang entah dari mana asal nya dan terus di terusuri hingga saat ini.

Setelah di cari tahu asal usul dari braja tersebut, nyata nya sampai sekarangpun tidak ada yang mengetahui asal usul dari munculnya braja tersebut dan masih menjadi misteri kenapa braja hanya muncul pada setahun sekali dan selalu bertepatan pada pergantian tahun. Akan kah warga sawangan akan di ramaikan lagi pada malam pergantian tahun di tahun 2022?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun