Mohon tunggu...
nittygritty
nittygritty Mohon Tunggu... Wirausaha -

Cat lovers

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Baru Makan, Kok Udah Lapar Lagi Ya?

16 September 2015   19:36 Diperbarui: 16 September 2015   19:36 274 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[caption caption="Dok. pixabay"][/caption]

Pernah nggak ngalamin hal ini? Akibatnya, anda selalu ingin terus menerus mengunyah sesuatu. Perut anda tetiba jadi seperti karet karena gak ada kenyangnya :D .Bahkan ketika sudah masuk malam hari pun, mulut anda masih terus mengunyah dan perut berasa lapar. Penulis The Hunger Fix sekaligus Senior Science Advisor di Elements Behavioral Health Pamela Peeke, MD, MPH mengungkapkan beberapa alasan utama mengapa sebagian wanita selalu begitu rakus. Ini ternyata alasannya:

Anda punya metabolisme yang cepat

Sebagian wanita terlahir dengan cukup beruntung (Thanks, genetik). Sementara, sebagian lainnya harus bekerja keras, bergantung pada otot-otot dan memutar metabolisme sebagaimana mestinya. Tentu saja, semakin cepat metabolisme, semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan. Berdasarkan riset dari University of Vermont, sekitar 32 persen orang memiliki metabolisme, dan lebih dari 8 persen berbeda (lebih tinggi/rendah) daripada rata-rata populasi. Menurut Peeke, memiliki metabolisme yang cepat mungkin saja akan membakar sekitar 100-400 kalori ekstra per hari.

Mengonsumsi makanan olahan

Makanan olahan, seperti roti, aneka kue kukis, dan bahkan hiasan salad, akan menaikkan gula darah, dan itu menimbulkan perasaan lebih lapar sebelum anda mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Riset yang dipublikasikan International Journal of Obesity menunjukkan jika lemak tinggi, makanan dengan gula tinggi juga memengaruhi suasana hati dan respon kimiawi di otak, mengarahkan pada gejala depresi dan nafsu makan tinggi. Gula rafinasi, memiliki efek kuat terhadap pusat otak, adalah gejala umum yang membuat nafsu makan seseorang tetap tinggi sepanjang hari. Coba batasi konsumsi makanan olahan dan beralihlah ke makanan gandum atau yang lebih sehat.

Hormonal

PMS alias pre-menstruation syndrome adalah satu hal, dan masalah hormonal ini dapat membuat anda lapar terus seharian. Hyperthyroidism adalah kelenjar tiroid yang terlalu aktif berlebih merupakan masalah umum hormonal yang menyebabkan rasa lapar sepanjang hari. Ketika hormon tiroid terlalu tinggi, maka fungsi vital tubuh semakin cepat, dan membakar energi lebih cepat. Jika anda merasa sudah sangat terganggu dengan kondisi ketidakseimbangan hormon, maka jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

 

More: http://faktasehat.com/2015/09/16/baru-makan-kok-udah-lapar-lagi-ya/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan