Mohon tunggu...
Listiyarini
Listiyarini Mohon Tunggu... Halo, nama aku Listiyarini, salah satu Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kuliah Sopan Santuy

9 Maret 2021   11:52 Diperbarui: 9 Maret 2021   13:00 90 1 0 Mohon Tunggu...

Listiyarini 20190530201

Lebih dari satu tahun dunia ditemani dengan pandemi Covid-19. Banyak hal yang berubah karenanya. Mulai dari sosialisai antar sesama, pakaian yang digunakan, hingga hal hal asing yang sebelumnya tidak diterapkan kini menjadi sebuah kewajiban dan kebiasaan. Hal tersebut berlaku pada seluruh aspek, mulai dari pekerjaan pembelajaran bahkan rutinits keseharian.

Pada bidang pendidikan sendiri, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan menggunakan sistem luar jaringan (luring), kini hampir seluruhnya menggunakan sistem dalam jaringan (daring). 

Pada awalnya pembelajaran menggunakan sistem daring dirasa cukup aneh dilaksan. Namun kini telah menjadi hal yang lumrah. Ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan saat melaksanakan pembelajaran dengan sistem daring, agar materi yang disampaikan dapat terserap lebih maksimal, dan sopan santun yang telah diajarkan oleh guru tetap bisa diterapkan.

Koneksi internet. Hal ini menjadi bagian penting dalam pembelajaran online. Pastikan koneksi internet di tempat pembelajaran memadai. Terlebih bila pembelajaran menggunakan video conference koneksi internet harus dipersiapkan lebih baik. Agar informasi yang disampaikan tidak terputus oleh jaringan yang buruk. Apabila koneksi internet di tempat tinggal kita kurang baik, persiapkan tempat lain yang memiliki jaringan lebih baik untuk mengungsi.

Tepat waktu (on time), saat kita melaksanakan pembelajaran luring, biasanya dosen menerapkan batas maksimal mahasiswa memasuki ruang pembelajaran. Hal tersebut membuat kita mempersiapkan diri lebih awal untuk mendatangi pembelajaran. Pada pembelajaran daring walaupun lebih santai baiknya kita mempersiapkan lebih awal agar saat materi disampaikan kita sudah dalam posisi siap menerima materi.

Kondusif, usahakan memilih tempat yang kondusif saat pembelajaran, agar materi yang disampaikan oleh dosen atau guru dapat kita terima dengan baik, dan membekas. Tidak sia sia, sudah lama mendengarkan materi, tapi disambi kegiatan lain, sampai tidak paham apa yang disampaikan oleh pemateri.

Sopan santun. Bukan hanya dalam pembelajaran luring, dalam pembelajaran daring sopan santun harusnya diterapkan. Hendaknya mengenakan pakaian yang sopan saat melaksanakan pembelajaran online, terlebih saat menggunakan video conference. Hal tersebut salah satu cara untuk menghargai pemateri. Menyalakan video bila diminta oleh pemateri. Saat bertanya suatu hal pada dosen atau guru hendaklah dengan salam dan kalimat yang sopan. Bukan dengan "p".

Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terdapat sistem yang sangat mendukung pembelajaran online bagi mahasiswa/I maupun dosen pengampu. Sistem tersebut adalah MyKlass. Materi perkuliahan, absensi, kuis, tugas, reminder untuk tugas yang belum dikerjakan ataupun sudah, bahkan video conference telah disediakan oleh sistem tersebut. dengan adanya sistem tersebut perkuliahan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x