Mohon tunggu...
Listiani Listiani
Listiani Listiani Mohon Tunggu... Listi_z

Bismillah❣allohuakbar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pahami Perkembangan Otak Anak pada Tahun Pertama Kehidupannya

11 April 2021   23:40 Diperbarui: 11 April 2021   23:41 37 2 0 Mohon Tunggu...

awasi dan didiklah anak dengan sebaik mungkin,terlebih di tahun awal kehidupannya agar segala tumbuh kembang anak dapa terpenuhi terlebih sistem otak anak yang bila tidak dapat distimulasi dengan baik akan berdampak pada kehidupan anak berikutnya bahkan seumur hidupnya.

Setiap orang tua tentunya tidak pernah lupa saat mengandung si kecil selama 9 bulan, dibawa kemana-mana dalam perut ibu, terlebih momen ketika melahirkan si kecil kedunia. Para ibu berusaha sekuat tenaga melahirkan si kecil, walaupun merasa sakit yang luar biasa sampai mengorbankan nyawa demi lahirnya si kecil ke dunia ini.  Ketika si kecil sudah lahir ke dunia semua rasa sakit yang dirasakan ibu selama mengandung dan melahirkan seketika terobati dengan senyum dan tangis sang buah hati. 

Tentu saja setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan sempurna tanpa adanya suatu kekurangan, oleh karena itu diperlukan suatu pemahaman dalam merawat dan mengajarkan si kecil untuk dapat mengembangkan segala aspek dalam dirinya, termasuk aspek yang terdapat dalam otak si kecil untuk menyiapkan kehidupan dan masa depan yang baik tentunya.

Tahukan para orang tua bahwa pentingnya perkembangan otak anak pada 1000 hari pertama ia dilahirkan kedunia.

1000 hari pertama yakni dihitung sejak kehamilan sang ibu 9 bulan yang berarti 270 hari, dan pasca kelahiran si kecil yakni sampai 2 tahun atau 730 hari. itulah 1000 hari dimana fase penentu pertumbuhan dan perkembangan anak yang tidak akan bisa terulang kembali. 

pada tahapan ini dianggap sebagai masa kritis dikarenakan terjadinya pertumbuhan dan perkembangan pada anak terutama pada perkembangan otaknya. faktanya bayi yang baru lahir memiliki 100 milyaran sel yang ada pada otak dan terus mengalami perkembangan diawal kehidupan anak. kemudian setiap detiknya koneksi saraf baru terbentuk seperti pada perkembangan sensorik anak yang pertama berfungsi  dalam otak adalah pendengaran baru penglihatan, yang kemudian diikuti dengan perkembangan kognitif, bahasa, motorik, moral, dan sosial.

Namun perlu diwaspadai apabila lingkungan tidak mendukung tahun pertama kehidupan anak dalam segala perkembangan tersebut maka akan berdambak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan anak dan dapat mengganggu perkembangan otak yang bersifat permanen atau selamanya. 

Perlu diketahui perkembangan otak anak dipengaruhi oleh nutrisi,para orang tua harus memperhatikan asupan dan nutrisi yang bagus untuk anak agar terpenuhinya gizi yang nantinnya akan meningkatkan tumbuh kembang anak. Kemudian dengan nutrisi yang bagus sistem kekebalan tubuh anak semakin kuat dan tidak mudah terjangkit penyakit yang dapat membahayakan anak. perlu orang tua ketahui nutrisi yang baik dan lingkungan yang mendukung dapat berpengaruh baik pada otak anak,dikarenakan lingkungan mempengaruhi banyaknya sel baru dan koneksi yang terhubung dalam otak anak.

Pada tahun awal kehidupan anak juga ditandai dengan perkembangan fisik anak diantaranya tinggi badannya yang semakin hari semakin bertambah bahkan 75% lebih tinggi dibandingkan dengan awal kelahirannya. Namun tentu setiap anak pasti pertumbuhan dan perkembangannya berbeda-beda, ada yang cepat tinggi badan dan ada pula yang lama tergantung dari asupan dan nutrisi diberikan selama pertumbuhan dan perkembangan berlangsung oleh orang tuanya.

nutrisi yang baik berpengaruh pada gizi anak, bila asupan dan nutrisi anak kurang maka akan anak mengalami kekurangan gizi yang parahnya dapat mengganggu perkembangan otak dan bersifat seumur hidup,untuk itu orang tua harus pandai memilih dan memilah nutrisi dan asupan yang tepat bagi anak dimasa tumbuh dan kembangnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN