Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Kejutan dari Instagram Reels

23 Oktober 2021   11:57 Diperbarui: 23 Oktober 2021   12:12 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi instagram | unsplash.com

Sudah mencoba atau masih maju mundur?

Pertengahan tahun ini pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa mencicipi fitur baru bernama reels. Fitur yang sebelas dua belas dengan video-video yang bermunculan di aplikasi TikTok. Video singkat yang bisa kita isi dengan berbagai konten seperti edukasi, hiburan, sampai promosi. Menarik.

Dengan durasi maksimal 60 detik, pengguna bisa merekam video, menambah latar musik, efek, tulisan dan pernak-pernik lain yang disediakan oleh aplikasi Instagram. Ya, pengguna instagram bisa langsung mengedit videonya langsung di fitur tersebut.

Selain itu, Reels tidak hanya bisa dibagikan melalui jalur Feeds, pun bisa pengguna sebarkan lewat Instagram Stories jika ingin dinikmati sementara atau menghilang setelah 24 jam.

Mencoba Reels Pertama Kali

Berhubung bentuk konten yang sering saya unggah di Instagram adalah video, saya jadi makin penasaran apakah adanya reels ini bisa mendukung perkontenan saya.

Tanggal 6 Agustus 2021, saya mencoba untuk membuat reels untuk kali pertama. Saya tidak mengedit di fitur reels, langsung mengunggah setelah saya edit terlebih dahulu di aplikasi yang lain.  Saya juga tidak memanfaatkan latar musik yang disediakan. Video reels pertama saya benar-benar sudah siap untuk ditayangkan di reels saja.

Hasilnya?

Bisa dikatakan boleh juga. Dibandingkan dengan video yang saya unggah lewat post, terbukti penayangan di reels lebih  banyak. Jika biasanya saya mendapat 300-400 kali penayangan, video reels saya berhasil diputar lebih dari 1.000 kali.

Kalau dibandingkan secara jangkauan dan mendapat suka/likes, sebenarnya tidak jauh berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun