Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi

❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Pusat Musik Dunia Ternyata Ada di Magelang!

11 Mei 2021   21:57 Diperbarui: 11 Mei 2021   22:13 512 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pusat Musik Dunia Ternyata Ada di Magelang!
Ilustrasi | unsplash.com @sutanto

Di umur berapa kamu tahu bahwa pusat musik dunia ternyata ada di Indonesia, tepatnya di Candi Borobudur Magelang?

Sudah beberapa kali saya mengunjungi Candi Borobudur karena lokasinya yang memang tidak terlalu jauh dari tempat di mana saya tinggal. Kurang lebih cuma berjarak 43 kilometer saja dengan waktu tempuh tidak sampai dua jam kalau jalan sedang lancar.

Dari acara sekolah sampai ketika saudara jauh sedang singgah, candi Borobudur adalah destinasi wisata yang selalu disebut dalam daftar yang harus dikunjungi. Walau sudah lebih dari sekali menikmati kemegahan Borobudur, nyatanya saya tidak pernah tahu bagaimana cerita dibalik relief yang menghiasi dinding-dinding candi. Hanya sebatas mengagumi tanpa pernah mencari arti.

Saya sebatas tahu bahwa relief itu menyimpan cerita. Sayang, ceritanya bagaimana saya tidak tahu. Sampai kemudian saya baru mengetahui bahwa relief tersebut mengabarkan sesuatu yang membuat saya takjub.

Seperti dikutip dari kompasiana, lebih dari 200 relief bertema musik terpampang nyata. Hal yang kemudian bisa disimpulkan bahwa Borobudur adalah pusat musik dunia, pusat peradaban, dan titik pertemuan para pembawa budaya dari berbagai penjuru Nusantara bahkan dunia. Wow!

Wonderful Indonesia Itu Bernama Borobudur

Sebelum membahas lebih dalam mengenai Borobudur dan musiknya, beberapa waktu lalu saya sempat menonton Pak Sandiaga Uno di televisi. Salah satu informasi yang baru saya ketahui adalah Candi yang merupakan momumen bagi umat Budha ini ternyata menjadi satu dari lima destinasi super prioritas.

Alasan mengapa candi Borobudur masuk ke dalam daftar tersebut dikarenakan candi Borobudur merupakan wisata tunggal Tanah Air yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Namun harapannya destinasi tersebut tidak hanya dapat menarik wisatawan, pun menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang melibatkan warga setempat. 

Tak heran, meski tidak lagi disebut dalam tujuh keajaiban dunia, Candi Borobudur adalah bagian dari World Heritage List yang diakui oleh UNESCO.


Terungkap Borobudur Pusat Musik Dunia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x