Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi

❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadan yang Dinanti, Ramadan yang Dirindukan

16 April 2021   22:51 Diperbarui: 16 April 2021   22:53 391 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan yang Dinanti, Ramadan yang Dirindukan
Ilustrasi | unsplash.com

Ibadah, Suasana, Makanan, dan Kamu.

Dalam satu tahun, ada satu bulan yang spesial. Namanya bulan Ramadan. Bulan yang membuat apa-apa jadi istimewa. Soal ibadah sudah pasti. Soal suasana yang diciptakan sudah tervalidasi. Soal makanan apalagi.

Kalau saya disuruh menceritakan apa yang khas di bulan Ramadan, tidak cukup satu. 

(1) Khas Ramadan: Ibadah

Diberi waktu satu bulan penuh untuk melakukan ibadah menjadi yang utama. Namun, bukan berarti di bulan-bulan lain melakukan ibadah jadi biasa saja, lho. Ibadah tetap sama-sama dilakukan kapan pun karena itu menjadi wujud takwa kita kepada Allah swt.

Namun, memang ada ibadah yang menjadi wajib dilakukan saat Ramadan tiba yaitu ibadah puasa selama sebulan lamanya. Puasa yang di bulan-bulan yang lain juga bisa dilakukan tapi sifatnya sunah. Nah di bulan Ramadan, puasa menjadi wajib bagi yang terpenuhi syarat wajibnya.

Ibadah salat tarawih juga menjadi sepaket yang selalu dinantikan. Salat yang hanya hadirnya cuma di bulan Ramadan.  

Tidak hanya puasa Ramadan dan tarawih, ada juga tadarusan, bersedekah, dan hal bernilai ibadah lain yang di bulan Ramadan ini semakin banyak orang melakukannya.

Dan ibadah-ibadah itu akan makin sibuk di sepuluh hari terakhir. 

(2) Khas Ramadan: Suasana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN