Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi

❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Pulic Health dan Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤ "Kalau tidak membaca, bisa menulis apa" ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Usir Bosan dengan Bikin Podcast, Gak Pakai Susah!

6 April 2020   22:13 Diperbarui: 7 April 2020   12:56 274 20 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Usir Bosan dengan Bikin Podcast, Gak Pakai Susah!
ilustrasi | unsplash.com

Hal baru apa yang sudah kamu lakukan selama di rumah aja?

Melakukan aktivitas itu-itu saja pasti membosankan. Apalagi saat ini ruang gerak kita juga sedang dibatasi. Gara-gara pandemi corona. Tapi tidak apa-apa, demi kebaikan. Mari sama-sama patuhi, tidak ngeyelan.

Nah, selama tinggal di rumah aja jangan bilang kegiatanmu hanya rebahan doang, ya. Karena selama di rumah pun kita bisa kok melakukan kegiatan lain yang lebih seru. Misalnya, membuat podcast.

IYAAAAAA.

Podcast yang saat ini banyak dilakukan oleh orang-orang terkenal di Indonesia. Seperti youtuber sekaligus komika, Raditya dika dengan PORD-nya (POdcastnya Raditya Dika) atau #closethedoor kepunyaan Deddy Corbuzier dan masih banyak lagi.

Terus apa kita perlu modal terkenal untuk memulainya? Hmm. Nggak gitu juga.

Semua Bisa Main Podcast

Awalnya saya pikir membuat podcast itu susah. Butuh ini itu dan ribet. Eh ternyata nggak juga. Butuh ketenangan buat ngerekamnya, iya. Dan buat kalian yang gak punya studio, lemari adalah jalan ninja.

Soal peralatannya. Buat pemula, tidak usah pakai alat yang mahal dulu. Karena dengan menggunakan smartphone aja bisa kok. Itu pun yang saya lakukan. Hitung-hitung buat debut gapapalah. Nabung dulu.

Nah, untuk membuat podcast dan bisa didengar lewat aplikasi lain seperti Spotify juga gak mustahil buat siapa saja. Yang saya lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi Anchor. Gratis. Nanti kalau sudah terunduh, ikuti saja langkah-langkahnya. Dimulai dengan daftar dulu, ya.

Kalau sudah terdaftar dan log in. Kalian bisa mulai membuat podcast kalian sendiri deh. Ada dua cara yang ditawarkan yaitu dengan merekam langsung atau mengunggah rekaman yang kamu sudah buat sebelumnya. Asik banget kan? Udah gitu di aplikasi Anchor ini menyediakan musik latar dan efek suara juga loh. Pokoknya anti ribet.

Kalau rekaman yang kamu unggah sudah oke. Tinggal publikasikan dan isi juga keterangan untuk episode tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x