Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi yang sedang Melanjutkan Studi

❤ Student at Postgraduate Program of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine, Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤ "Kalau tidak membaca, bisa menulis apa" ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

#GenerasiSimpel Itu Ketika Belanja Lebaran Tinggal "Tap!"

15 Mei 2019   21:38 Diperbarui: 15 Mei 2019   22:04 0 7 1 Mohon Tunggu...
#GenerasiSimpel Itu Ketika Belanja Lebaran Tinggal "Tap!"
Kartu Flazz BCA dengan logo Kriko | dokpri

Lupa bawa uang bikin gagal belanja kebutuhan lebaran? Itu cerita zaman old.

Zaman sudah berubah,sobat. Termasuk merubah cara kita bertransaksi saat berbelanja. Tanpa harus membawa uang tunai, tanpa harus menerima kembalian receh atau permen. Ya, bahasa kerennya non tunai atau cashless.

Dari istilahnya saja kita sudah bisa mengartikan bahwa nontunai adalah sistem pebamyaran non/tanpa tunai, tanpa menggunakan uang fisik baik berupa kertas maupun logam. Pembayaran yang hari ini terasa lebih aman juga praktis.

Dikutip dari nontunai.com, alat atau instrumen pembayaran nontunai yang berlaku resmi di Indonesia yaitu instrumet berbasis kertas (misalnya cek, wesel, nota kredit dan sejenisnya), kartu (kartu kredit, ATM) dan uang  elektronik atau aplikasi.Pengunaan instrumen nontunai ini wajib mendapat izin dan otorisasi dari Bank Indonesia selaku regulator sistem pembayaran.

Bayar Cukup Pakai Kartu dan Aplikasi

Hari ini memang sudah ramai masyarakat memanfaatkan pembayaran nontunai menggunakan uang elektronik atau aplikasi. Namun,  alat nontunai dalam bentuk lain yang digunakan lebih dahulu banyak digunakan dan masih bertahan sampai hari ini adalah yang berbentuk kartu. Coba cek dompetmu, minimal ada ATM khaan.

Ya, pengunaan nontunai dalam kartu bisa dibilang paling praktis. Sebab tidak perlu banyak tempat untuk menyimpannya, diselip dalam dompet juga bisa. Tidak juga perlu baterai seperti halnya aplikasi, jadi tak khawatir jika smartphone tiba-tiba mati. Hanya saja bukan berarti tidak ada kelemahannya, penggunaan kartu ini juga bisa jadi tidak aman apabila kita salah-salah meletakan. Jadi tetap waspada tidak ada salahnya.

Mengenal Flazz BCA, Satu Kartu yang Multifungsi

Flazz BCA ternyata merupakan salah satu produk uang elektronik berbasis chip (chip based) dan RFID (Radio Frequency Identification). Tidak hanya prakits karena kita jadi tak perlu membawa sejumlah uang tunai, penggunaannya juga mudah yaitu cukup dengan sentuhan dalam beberapa detik saja.FYI, pengunaan Kartu Flazz tidak memerlukan nomor sandi pribadi / PIN/ tanda tangan.

Saya beruntung, karena di tahun 2015 lalu kompasiana memberikan saya hadiah dalam bentuk Flazz BCA. Sampai saat ini, kartu tersebut masih ada dan masih bisa digunakan. Dari mulai memberi cemilan di minimarket, membeli makanan di restoran, sampai untuk membayar transjogja juga sudah dicoba. Memang benar-benar praktis, aman dan mudah sih. Lha transaksi pembayarannya saja cukup meletakkan kartu pada reader, sudah deh. Selesai seketika.

Tidak hanya yang sudah pernah saya lakukan tadi, kartu flazz BCA juga bisa digunakan untuk membayar tol, spbu, parkir, toko buku, tempat rekreasi, dan masih banyak lagi. Kira-kira lebih dari 57ribu outlet! Sudah banyak tempat-tempat yang bisa menerimanya sebagai alat pembayaran gitu.Multifungsi banget,khan

Jika belum memilikinya, kamu bisa mendapatkan kartu Flazz di seluruh kantor cabang BCA terdekat, stand penjualan Flazz bahkan hari ini di minimarket seperti alfamart juga menyediakan,lho. Nantinya, kartu ini bisa diisi ulang dengan jumlah minimal 20ribu dan maksimum saldo adalah 2 juta. Jangan khawatir untuk isi ulang (top up)  karena soal ini sudah bisa dilakukan dengan sumber dana uang tunai. Pergi saja ke alfamart, beres.

Oya, karena kartu Flazz ini tidak memerlukan PIN/tanda tangan, seperti yang sudah dijelaskan. Pengunaan kartu ini bisa digunakan oleh orang lain selain pemegang kartu tanpa perlu dibuktikan kewenangannya oleh BCA. Jadi, apabila hal buruk menimpamu seperti hilang atau dicuri, pihak BCA tidak dapat melakukan pemblokiran. Lagi-lagi tetap waspada ya ges, disimpan yang bener. Lebih detail soal Flazz BCA bisa dibaca disini atau lihat videonya disini.

Lebaran ala #GenerasiSimpel

Sebagai #generasisimpel, kartu Flazz ini bisa juga lho digunakan untuk berbelanja barang kebutuhan lebaran. Beli minyak goreng, sirup atau makanan kaleng di Alfamart,bisa. Beli keperluan membuat kue kering di Superindo,ayo. Atau membeli buku untuk hadiah lebaran ponakan di Gramedia, boleh juga.

Jelang lebaran, orang-orang menjadi suka berbelanja. Membuat antrian di depan kasir  tidak seperti biasanya. Eits, tenang dengan menggunakan Flazz kamu akan menghemat waktu saat berbelanja karena tidak perlu lagi melewai prosedur pengecekan keaslian uang, menghitung uang, membantu cash handling dan pelaporan transaksi. Tidak hanya kamu yang untung, tetapi pembeli lain dibelakangmu pasti juga ikut-ikutan seneng karena antrimu tidak banyak waktu. Yey. 

Ada wacana yang sempat tersiar di keluarga kami, bahwa katanya Bapak pun akan memberlakukan Flazz BCA sebagai penganti THR nanti. Biar simpel,katanya. Baik, apakah akan terealisasi atau hanya wacana? Kita tunggu saja. Btw, untuk masa berlaku kartu juga cukup lama lho, yaitu 10 tahun sejak top up terakhir. Mantul ya to?

Salam,

Listhia H. Rahman | facebook Listhia Hardiati R

*tap=tapping=tempel atau ketuk ya? haha yagitu.