Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Sudah Menulis Apa Kamu Hari Ini?

15 Januari 2019   22:26 Diperbarui: 15 Januari 2019   22:47 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi | foregroundweb.com

Menulis kenangan bersama dia yang tak akan kembali,kak.

Pemberlakuan ganjil genap ternyata menantang dan penuh godaan. Eh, yang ini bukan soal aturan plat kendaraan itu lhoh, melainkan ganjil genap yang sedang saya jalani soal aturan menulis yang saya buat sendiri. Tanpa perlu ada perjanjian diatas kertas, saya mencoba menguji diri dengan harapan bisa lebih produktif lagi. 

Sejauh ini -jalan setengah bulan- sih masih bisa jalan, walau sebenarnya pernah terseok-seok yang membuat saya jadi hampir macet, lalu melewatkannya saja. Ya, ini soal aturan menulis.

Mengenalkan Aturan Ganjil Genap dalam Tulisan

Ini hanya keisengan saya saja. Keisengan yang berasal dari keresahan saya yang sering sekali tidak beraturan dalam mengunggah tulisan. Jeda yang tidak punya ritme #halah. Jeda tidak menulis untuk 2 sampai 4 hari sih masih dikategorikan bolehlah. Tapi, ketika itu lebih dari seminggu bahkan pernah sampai 10 hari, entah rasanya seperti ada yang menyiksa dan bersalah gitu

Menyiksa karena tiba-tiba saya tidak mempercayai kemampuan menulis saya, ada perasaan yang jadi takut tidak bisa lagi. Bersalah karena dalam jeda yang tidak saya kontrol tersebut bisa menjadi gambaran bahwa saya tidak memanfaatkan waktu yang ada, tidak produktif. Duh, berakhir siya-siyaa.

Berlatarbelakang itulah, mumpung masih diawal tahun saya mencoba mengikrarkan janji dalam hati saya. Untuk mencintai seseorang yang serius, eh untuk lebih rajin dalam menulis entah bagaimana pun keadaan yang saya hadapi, semampu sebisanya.

Agar lebih jelas, saya lalu membuat aturan yang tak kalah dengan jalanan ibu kota, memberlakukan sistem ganjil-genap. Dimana dalam sistem ini, saya hanya menulis di tanggal ganjil dan akan memberi jeda ditiap tanggal yang genap. Sesederhana itu, yang ternyata tidak sederhana. Mudah-mudahan langgeng dah,ya. Kamu minat ikutan,juga boleh.

Sudah Menulis Apa Hari ini?

Aturan yang saya buat sendiri itu kemudian mau tak mau menuntut saya untuk terus berpikir. Berpikir tentang apa yang saya harus tulis, seperti hari ini yang ternyata jatuh di tanggal ganjil.

Saya orang yang berubah-ubah, tidak semua yang akan saya tulis saya konsep sebelumnya. Sering malah yang nasibnya dadakan, seperti tulisan ini yang saya pikir akan berakhir di fiksi tetapi bukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun