Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kurma Artikel Utama

Perjuangan Berburu Tanda Tangan sampai Jadi Bintang Ramadan

3 Juni 2018   22:25 Diperbarui: 4 Juni 2018   13:54 2134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi | https://merryriana.co

Kalau disuruh mengingat-ingat bagaimana cerita masa kecil di Bulan Ramadan, ada banyak sekali yang berkesan. Apalagi kan saya memang belum lama meninggalkan dunia bahagia itu, baru beberapa tahun saja kok.Berapa hayo? #haha

Saya bersyukur, di masa-masa kecil saya pernah melewati bulan Ramadan dengan penuh suka cita dan banyak cerita. Terlebih tidak hanya saya sendiri yang melewatinya. Sewaktu saya masih kecil saya ditemani beberapa teman-teman sebaya yang lainnya juga, yang jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit, di RT saya saja ada lebih dari empat anak. 

Ya, kalau berbicara masa kecil di bulan Ramadan, saya tidak bisa melepaskan mereka (baca:teman-teman), karena mereka adalah bagian yang turut membuat Ramadan saya menjadi kenangan manis dan tak mudah dilupakan.

Masjid At-taqwa --masjid yang ada diperumahan kami- adalah saksi saya dan teman-teman menghabiskan Ramadan di masa kecil.  Saksi dimana kami banyak melakukan kekhilafan ketika Ramadan tiba. Saya ingat sekali --saya rasa teman-teman saya juga---pernah suatu waktu di bulan Ramadan kesekian (atau malah setiap Ramadan) kena marah atau bukan marah sih, mungkin lebih ke diberi nasihat oleh pak ustaz karena mengucap kata 'amin' setelah Al-Fatihah terlalu panjang. Ya, namanya juga anak kecil, kan.

Lagi, saat tarawih disaat orang-orang dewasa khusyu' menjalankan ibadah, saya dan teman-teman justru pernah malah jadi iseng. Iseng dengan menalikan kain mukena antar teman yang lain. Entah tujuannya apa waktu itu. Lagi-lagi, namanya juga anak kecil,kan. Nggak mau diem, susah dibenerin. HAHA.

Demi berburu tanda tangan kami rela..

Biarlah kekhilafan yang pernah kami lakukan dulu dikenang saja, bukan untuk diulang. Cerita soal Ramadan semasa kecil masih ada lagi yang ingin saya ceritakan. Soal kesibukan yang muncul tiap kali Ramadan datang, kesibukan yang kalau dipikir sekarang "kok sampai segitunya". Kesibukan itu bernama berburu tanda tangan penceramah. HAHA.

Buku bersampul hijau bergambar masjid, pernah menjadi bagian yang tak boleh jadi ditinggalkan di masa kecil saya dulu. Buku amalan bulan Ramadan yang dibagi dari sekolahan saya dan juga sekolah teman-teman yang lain. Ya, hampir sebagian besar anak-anak seusia saya dulu membawa buku sakti itu tiap kali ke masjid, terutama ketika tarawih, dimana pada tarawih ini kami ditugaskan untuk menyimak setiap kultum (kuliah tujuh menit)-nya. Menyimak dengan mencatat poin penting lalu meminta tanda tangan penceramah. Yang terakhir selalu bikin greget sih.

Ada tiga puluh kolom dibuku tersebut, yang artinya setiap hari kami harus mengisi satu sampai Ramadan selesai. Tetapi namanya anak-anak, kami selalu punya cara agar kolom itu terisi tanpa harus menunggu puasa usai.

Cara normalnya adalah dengan mengikuti kulsub (kuliah subuh), yang waktu itu rasanya amat berat sekali bagi kami. Jangankan kulsub untuk bangun sahur saja susah. Untunglah ada cara lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengunjungi mushola dan mengikuti kultumnya .

Jadi gini, perumahan saya ada satu masjid dan satu mushola. Dimana keduanya sama-sama melaksanakan tarawih dan ada kultumnya. Yang membedakan, mushola biasanya lebih cepat selesai dibandingkan dengan masjid. Oleh karena kondisi tersebut,kami punya kesempatan sehari mendapatkan dua sekaligus deh. HAHA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun