Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Rekomendasi Minuman Dingin yang Bisa Jadi Teman Buka Puasa, Pilih Mana?

1 Juni 2018   22:49 Diperbarui: 1 Juni 2018   23:22 1161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.merdeka.com (ilustrasi) | Buat saya, air putih dingin aja favorit kok

Sebagai pencinta minuman dingin -terutama yang banyak es batunya-, saya punya beberapa yang menjadi favorti. Barangkali minuman ini bisa jadi inspirasi teman buka puasamu juga.

Bagi saya meminum minuman dingin setelah seharian berpuasa adalah salah satu kenikmatan yang paling dinantikan.  Saya rasa bukan saya saja yang menilai demikian, karena di sepanjang jalan yang saya temui ketika menjelang berbuka, minuman ber-es ini memang banyak bertebaran. Tentu kalau tidak ada yang mencari, tidak akan banyak disana-sini. Ya khaan?

Ah, iya. Saya memang penggemar minuman dingin meski tidak bulan puasa juga. Bahkan katanya sudah mirip Olaf -karakter dalam Film Frozen-, si boneka salju berhidung wortel itu. HAHA.

Ada banyak sekali minuman dingin yang saya sukai. Disamping karena jumlah es batunya yang melimpah, pun karena rasanya yang menggemparkan lidah. Selain dapat menjadi penghapus dahaga, juga memanjakan indera perasa gitu deh. Berikut adalah daftar minuman yang saya favoritkan, siapa tahu bisa jadi bahan rekomendasi berbuka puasamu.

Es Dawet, Minuman Tradisional yang Ada Dimana-mana

ilustrasi | http://jogja.tribunnews.com
ilustrasi | http://jogja.tribunnews.com
Mudah saja untuk jatuh cinta pada minuman ini, minuman yang hampir di semua daerah pasti memiliki penjualnya.

Kunci rasa enak dawet menurut saya ada di kuahnya, campuran santan dan gula jawa. Terutama di gula jawanya sih, karena saya pernah mendapati gula jawa yang rasanya kurang nendang, sedikit pahit, yang pada akhirnya membuat es dawet jadi tidak sesuai standar enak dari saya pribadi.

Es Dawet yang tidak pernah mengecewakan saya adalah es dawet yang saya temui di Banjarnegara. Apa karena minuman ini memang berasal dari sana kali ya. Hal inilah yang kemudian membuat saya selalu berhasil jatuh cinta setiap kali melewati jalan di Banjarnegara waktu mudik, dimana disamping kanan kiri banyak sekali penjual dawet ayu yang berjejer rapi.

Kesegaran yang mengenyangkan dalam Semangkuk Es Teller 

Kalau yang ini, minuman dingin yang juga mengenyangkan. Es Teller.

dokpri
dokpri
Paduan antara daging kelapa yang gurih, irisan alpukat yang lembut, ditambah irisan nangka dan disiram santan beserta susu kental manis kalau suka. Tentu, jangan lupa es serut yang banyak. Ketika semua menjadi satu, mereka sungguh-sungguh berkalori. HAHA.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun