Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Padamu yang Bisa Berkumpul dengan Keluarga, Saya Iri!

23 Mei 2018   20:22 Diperbarui: 23 Mei 2018   20:33 1412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi | https://blog.holidaylettings.co.uk

Selagi waktu berada dipihakmu, rayakanlah setiap momen bersama keluargamu. Sebab tidak ada yang tahu, apakah esok, lusa dan hari berikutnya kesempatan itu masih semudah pada awalnya.

Bulan-bulan Ramadan yang sudah terlewat

Rasanya baru kemarin, melihat Ibu bersusah payah membangunkan adik ketika harus sahur. Rasanya baru kemarin, saya dan kakak pergi ke masjid untuk mengaji bersama-sama. Rasanya baru kemarin, saya berbuka puasa dengan bapak ibu juga kakak adik di hadapan makanan yang sama. Rasanya terasa baru kemarin, yang kenyataanya tidak.

Saya jelas tidak bisa lupa, bagaimana bulan-bulan Ramadan yang pernah kami habiskan bersama-sama ketika masih sedang berada dalam satu atap. Suasana bulan Ramadan  yang selalu berhasil memancing keramaian saat berebut makanan dikala berbuka maupun santap sahur tiba,  lantunan ayat suci Al-Quran yang saling bersahutan sepulang dari masjid dan obrolan-obrolan ringan  yang selalu mengisi sudut-sudut rumah kami, tak pernah menjadi sepi.

Ya, ternyata kenangan Ramadan yang sudah terlewat ketika kami masih bisa bersama-sama masih sering terbayang sampai saat ini. Saat dimana waktu memang sudah banyak merubahnya, tidak lagi sama.

Waktu berjalan dan kesibukan yang jadi alasan

Bulan Ramadan tahun ini rasanya makin berbeda. Apalagi ketika takdir dan kesibukan berhasil  membagi-bagi kami. Kakak yang sudah menikah, saya masih kuliah dan adik yang kini jauh dari rumah. Tinggal Ibu dan Bapak yang tersisa, dari berlima jadi berdua.

Rindu. Iya, saya selalu merindukan momen itu bisa terulang lagi, berkumpul bersama. Apalagi jika saya menyadari saya juga sedang merasa sendiri disini, di kota orang.

Saya sadar mungkin kini momen itu akan sulit terealisasikan sekarang.Melihat keadaan kakak yang jauh, bahkan di luar pulau, jelas membuat ia tidak bisa sebentar-sebentar pulang. Pun adik yang sudah tidak bisa sebebas hari-harinya dulu, punya aturan. Hanya saya, yang meski kuliah tetapi bisa leluasa pulang kalau tidak ada jadwal. Pulang ke rumah menemani Ibu dan Bapak, pulang yang setidaknya bisa menebus kesepian mereka karena ditinggal pergi anak-anaknya yang kini sudah tumbuh dewasa bersama kesibukan yang menyertainya.

"Tenang Pak,Bu..sesibuk apapun saya disini, jika ada kesempatan saya akan berusaha pulang"

Kapan kita bisa berkumpul,lagi?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun