Pada tanggal 11 Februari 2025, bertempatan di SDN 20 Banyuasin lll,Banyuasin melakukan analisis karakteristik peserta didik di SD Negeri 20 Banyuasin III. Tujuan analisis ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami pelajaran.
Berdasarkan hasil analisis, kami menemukan beberapa karakteristik peserta didik yang mempengaruhi kesulitan mereka dalam memahami pelajaran, yaitu:
1. Kemampuan kognitif yang rendah
2. Motivasi belajar yang rendah
3. Kurangnya dukungan dari orang tua
4. Keterbatasan sumber daya belajar
Berdasarkan hasil analisis, kami dapat menyimpulkan bahwa karakteristik peserta didik di SD Negeri 20 Banyuasin III mempengaruhi kesulitan mereka dalam memahami pelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif, motivasi belajar, dan dukungan dari orang tua.
TINDAK LANJUT
Berdasarkan hasil analisis, kami merekomendasikan beberapa tindak lanjut, yaitu:
1. Mengembangkan program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa