Bunga Oktavia
Bunga Oktavia

Tulisan saya adalah hasil dari apa yang saya pikirkan selama ini. Kritik dan saran anda adalah acuan saya untuk berani memikirkan hal diluar yang biasa saya pikirkan.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Menilik Keindahan Sudut Kota Dingin Bandungan

7 Desember 2017   19:04 Diperbarui: 8 Desember 2017   13:55 903 2 0
Menilik Keindahan Sudut Kota Dingin Bandungan
screenshot-2017-12-08-13-49-29-1-5a2a36c1f33a2d3b145f4983.png


Apakah kalian mengenal salah satu daerah yang bernama Sidomukti? Selama ini kebanyakan orang hanya mengetahui dan mengenal kota Semarang saja sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang dianggap sebagai pusat perekonomian dan kehidupan bagi para perantau. Kota Semarang memang memiliki berbagai kekayaan sumber daya alam yang ada. 

Akhir pekan merupakan sebuah momentum yang tepat bagi banyak orang untuk menghabiskan weekend mereka berkunjung ke suatu tempat di kota Semarang. Termasuk wisata, tak khayal jika para pemburu wisata yang haus akan hiburan dan biasanya akan bertandang ke kota Lunpia tersebut. Padahal, banyak sekali objek wisata yang memiliki keindahan alam yang eksotis dan memanjakan mata pengunjung ketika weekend tiba. Salah satunya adalah Umbul Sidomukti di Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kota Bandungan yang berada di lereng gunung Ungaran dengan suhu yang rendah sehingga memiliki hawa yang sejuk. Selain hawanya yang sejuk, Bandungan pun memiliki salah satu objek wisata alam yang cocok dijadikan sebagai tujuan destinasi wisata akhir pekan anda bersama keluarga. Tiket masuk objek wisata ini yaitu Rp 8.000 di hari Senin hingga Jum'at, sedangkan di hari Sabtu dan Minggu pengunjung dipatok harga Rp. 10.000. Wisata yang disuguhkan berupa beberapa wahana permainan untuk menguji seberapa besar adrenaline bagi pengunjung.

Ada wahana flying fox dengan lintasan tali sepanjang 110 meter dengan jarak ketinggian dari titik paling rendah lembah adalah 70 meter anda akan menuruni lintasan dan berpindah ke lereng bukit lain di seberang jalur flying fox tersebut. Pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 35.000 untuk mencoba merasakan keseruan wahana flying fox. Tak perlu takut untuk jatuh atau merasa ragu mengenai kemanan saat menaiki wahana flying fox, karena pihak pengelola wisata Umbul Sidomukti telah menyediakan beberapa alat perlengkapan keselamatan bagi pengunjung.

Ada pula Marine Bridge, Higest Triangle (Magic Box, Badui Bridge, Stick Bridge), Rapeling menuruni lembah sisi kolam yang tak kalah menguji adrenaline pengunjung wahana wisata di Umbul Sidomukti. Pengunjung juga dapat mencoba wahana lain seperti ATV, bersepeda di ketinggian, berkuda, dan jalur tracking sebagai wahana olahraga. 

Olahraga air seperti berenang pun tersedia untuk merileksasikan kepenatan pengunjung setelah seharian beraktivitas dengan kepadatan rutinitas yang ada. Sedangkan, bagi pengunjung yang ingin memasuki sebuah goa, Umbul Sidomukti memiliki sebuah Goa yang bernama Goa Tirta Mulya. Goa ini bukan terbentuk secara alami, namun merupakan hasil buatan tangan manusia  pada tahun 2009, ketika pengunjung memasuki Goa Tirta Mulya ini mereka akan mengabadikan momen bersama keluarga dengan berfoto.

Setelah puas mencicipi beberapa objek wisata yang tersedia di sekitar area kawasan Umbul Sidomukti, rasa lapar dan haus pun timbul. Maka, pengunjung juga dapat memesan makanan serta minuman di restoran yang tersedia di Umbul Sidomukti tersebut. Menu yang disajikan tentunya bervariasi dan pengunjung dapat memesan sesuai selera dan keinginan mereka.

Ada pula area bermain untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit. Bukan hanya itu, Umbul Sidomukti juga menyediakan spot top selfie untuk berfoto bagi para pengunjung. Pengunjung harus menaiki tangga kayu kecil agar dapat mendapatkan posisi berfoto yang bagus. Berfoto dengan latar belakang pemandangan bukit yang indah serta dapat menyaksikan rumah-rumah kecil dari kejauhan mata memandang di sekitar kawasan Bandungan. Untuk dapat berfoto di spot top selfie, maka pengunjung harus rela antre. Karena spot top selfie yang disediakan tidak dapat menampung banyak orang.

Akses menuju kawasan wisata Umbul Sidomukti cukup menyenangkan, saat melakukan perjalanan ke Umbul Sidomukti, anda dapat melihat keindahan alam yang sangat memanjakan mata anda, jalan yang ditempuh memang berliku-liku, namun disitulah letak keseruannya. Jika anda ingin pergi ke Umbul Sidomukti dari kota Solo, anda akan memakan waktu kurang lebih 2 jam jika kondisi perjalanan tidak macet.

Jadi, bagaimana? Akan pergi kemanakah anda saat liburan tiba nanti? Tak ada salahnya anda mengunjungi Umbul Sidomukti sebagai tujuan wisata akhir pekan anda, jangan lupa mengajak sanak saudara untuk berlibur dan jika anda merupakan orang yang tidak tahan dengan hawa yang dingin, anda dapat membawa jaket atau sweater untuk mengantisipasi jika anda merasa kedinginan. Anda juga dapat membawa bekal makanan dan minuman untuk dimakan selama perjalanan pergi ke lokasi atau saat di lokasi dan bahkan saat hendak pulang ke rumah. Selamat mencoba.

Berikut lampiran foto marine bridge di lokasi objek wisata Umbul Sidomukti, Bandungan :

screenshot-2017-12-08-13-54-52-1-5a2a3781a7249b2eaa1725c2.png
screenshot-2017-12-08-13-54-52-1-5a2a3781a7249b2eaa1725c2.png