Mohon tunggu...
LISA
LISA Mohon Tunggu... Guru - Bunda dan Guru SD

Nama yang singkat dan mudah diingat, LISA. Lahir di Pulau Laskar Pelangi (Pulau Belitong) dan sekarang menetap di Kabupaten Bangka Kep. Bangka Belitung. Seorang istri dan bunda dari 2 putri. Seorang guru kelas yang bertugas di UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat. Bergabung dalam komunitas penggiat literasi, Komunitas Guru Pelita Dunia dan terus belajar menulis artikel di blog pribadi dan Kompasiana. Email : lisasya2501@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

MB Bawa Pulang 7 Trofi di Peringatan HGN Tingkat Kabupaten

28 November 2022   15:25 Diperbarui: 28 November 2022   15:31 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peringatan HGN tahun 2022 di Kabupaten Bangka (Doc. Pribadi)

Satu hari sebelum puncak peringatan Hari Guru Nasional, saya mendapatkan surat undangan untuk mengikuti upacara HUT PGRI dan KORPRI di Kabupaten Bangka. Surat undangan ini saya terima dari salah seorang guru di Kecamatan Mendo Barat yang sedari awal banyak membantu saya memberikan informasi dalam lomba penulisan artikel baik di tingkat kecamatan dan kabupaten.

Tepat di peringatan Hari Guru Nasional Jum'at / 25 November 2022 lalu, saya mengikuti upacara bendera di SMA Negeri 1 Mendo Barat dengan jarak kurang lebih 36 KM, hari ini upacara bendera di halaman kantor bupati Bangka hanya saya tempuh kurang lebih 2 KM saja.  Sungguh..sensasi upacara yang berbeda, namun penuh dengan cerita.

Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Bangka, Bapak Mulkan, S.H., M.H. Pada amanat upacara bendera peringatan HUT ke-77 PGRI dan ke-51 KORPRI, bapak bupati membacakan dua naskah pidato. Naskah pidato pertama dari Menteri Kemdikbudristek, Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A sebagai peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional. Naskah pidato kedua dari Ketua Umum Pengurus KORPRI Nasional, Bapak Prof. Dr. Zudan Arid Fakrullah, S.H., M.H sebagai peringatan HUT ke-51 KORPRI .

Hadir sebagai peserta upacara adalah seluruh guru, pemimpin, dan praktisi pendidikan, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka. Walaupun matahari pagi ini terasa sedikit menyengat, namun tidak mengurangi rasa bahagia bisa hadir dalam acara peringatan HUT PGRI dan KORPRI tahun 2022. Setelah upacara bendera, pemotongan tumpeng yang bertema HUT ke-77 PGRI oleh bapak bupati kemudian diberikan kepada perwakilan guru yang memasuki purnabakti. Acara selanjutnya adalah pemberian tali kasih kepada perwakilan anggota KORPRI di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka yang memasuki purnabakti pada tahun 2022. Dari informasi yang saya terima, pada tahun 2022 ini ada 166 orang PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka yang memasuki purnabakti, 113 orang diantaranya merupakan PNS guru dan pengawas.

Hadir juga diantaranya Bapak Teguh Supriadi, S.Pd, Bapak Tri Gunawan, S.Pd, dan Bapak Gandung Suwardi, A.Md yang bulan Oktober lalu di Gugus IV Prasasti Kotakapur Kecamatan Mendo Barat telah memasuki masa purnabakti (link artikel di sini) dan Jum'at lalu juga mengikuti upacara bendera dalam peringatan Hari Guru Nasional di Kecamatan Mendo Barat (link artikel di sini).

Artikel dengan judul yang sama ketika mengikuti lomba menulis artikel non penelitian di tingkat Kecamatan Mendo Barat, membawa saya menjadi Juara 2 di tingkat Kabupaten Bangka. Artikel ini terinspirasi dari pembelajaran berdiferensiasi yang perlahan mulai saya lakukan pada kelas 3 di 33 MB. Walaupun dalam proses yang dilakukan masih banyak kekurangan, namun mencoba memulai perubahan dalam proses pembelajaran menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menuntun para murid kita untuk tumbuh dan berkembang di zamannya dengan potensi/kekuatan yang dimiliki. Seperti potongan kalimat mas menteri dalam naskah pidato yang dibacakan oleh semua pembina upacara pada peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022, "Memang, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman. Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah."

Peringatan HUT ke-77 PGRI dan HGN tahun 2022 ini juga terasa spesial karena PGRI cabang Kecamatan Mendo Barat membawa pulang 7 trofi dari berbagai lomba HUT PGRI yang diselenggarkan pada tingkat kabupaten. Juara 2 SKJ PGRI, juara 2 Volly Putra, juara 3 Paduan Suara, dan juara 3 masak lempah kuning (makanan khas Bangka). Selain itu, 3 trofi lainnya dari lomba menulis artikel non penelitian, juara 2 tingkat SD, juara 1 tingkat SMP dan SMA.

Terima kasih untuk seluruh pihak yang terus menginspirasi saya dalam menulis. Terkhusus 33 MB mulai dari kepala sekolah, rekan-rekan sejawat, dan para murid hebatnya. Terima kasih juga untuk rekan-rekan seperjuangan di Kecamatan Mendo Barat dan Kabupaten Bangka.

Selamat Hari Guru Nasional untuk seluruh pejuang pendidikan. Secanggih apapun dunia...peran GURU tak akan pernah tergantikan. Mari..tinggalkan kisah perjuangan kita dalam sebuah tulisan.

Semangat belajar untuk kita semua dan salam bahagia...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun