Mohon tunggu...
Lisa Selvia M.
Lisa Selvia M. Mohon Tunggu... Freelancer - Literasi antara diriku, dirimu, dirinya

Anti makanan tidak enak | Suka ke tempat unik yang dekat-dekat | Emosi kalau nemu hoaks

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Menikmati Sensasi "White Tea" Asal Bali yang Membuat Ketagihan

22 Februari 2019   08:36 Diperbarui: 24 Februari 2019   18:43 469
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Koningspelin co. (Sumber dokumentasi penulis)

Sejarah pertama kali tanaman teh dibudidayakan di Indonesia ternyata dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda pada saat itu. Mereka menyebutnya sebagai 'Tee' tapi oleh penduduk setempat penulisannya beserta penyebutannya berubah menjadi 'Teh' sampai saat ini.

Suasana Koningspelin Co., Tea Salon & Galery di daerah Jakarta Pusat. Tepatnya di jalan Bungur Besar. Untuk ke sana saya sarankan kalau membawa kendaraan pribadi roda empat gunakan tempat parkir di departemen store Golden Truly saja karena lahan parkir sangat terbatas. Saya sempat memindahkan sampai dua kali. 

Untuk mencapai ke tempat ini saja saya tersasar, dengan percaya diri parkir di kantor orang. Setelah masuk ke dalam, baru sadar salah tempat. Tetapi segala halangan untuk mencapai tempat yang sudah beroperasi selama 13 tahun ini langsung terbayar lunas.

Bagaimana awalnya saya bisa menemukan tempat yang seolah-olah terselip di jalan-jalan Jakarta ini? Jadi pertama-tama saya panjatkan terima kasih kepada mesin perambah internet disertai rasa kangen minum teh berkualitas di tempat selain mal. Ditambah masih suasana imlek masih terasa, jadi ingat kebiasaan bangsa Tionghoa akan minum teh.

Hasil kata pencarian saya menampilkan foto unik disertai narasi secukupnya tapi membuat penasaran. Maka dengan semangat saya mengajak salah satu teman saya yang hobinya mendalami ilmu gastronomi.

Bertemulah kami di tempat ini. Di mana hanya kami berdua saja tamunya. Bahkan untuk datang harus reservasi terlebih dahulu. Alhasil kami dilayani secara privat oleh Mas Jo. Begitulah sebutan kami kepadanya. Kami merasa nyaman, bisa puas bertanya ini itu. Apalagi saya, yang tidak mengerti ada begitu banyak macam teh. Maklum, biasa minum teh celup di rumah. Karena ditawari begitu banyak pilihan. Jadilah kami bingung bukan kepayang.

Setelah bertanya kebiasaan minum teh kami. Keputusan bisa diambil. Teman saya, memilih teh spesial khusus dibuat dalam rangka menyambut imlek dengan aroma Peach dan pilihan lainnya Age Puh Erl, teh yang harus melewati masa penyimpanan bertahun-tahun mulai dari 3, 5 terakhir 8 tahun. 

Sementara saya memilih White Tea, bernama Denpasar Moon asal Bali, yang hanya dipanen setiap 8 bulan sekali menurut Jo. Satunya Matcha, gara-gara penasaran mau melihat bagaimana proses teh bisa berbusa tanpa pakai susu.

Pesanan pertama kami datang, setelah proses memilih-milih yang butuh waktu lama. Maklum, kami bukan ahli teh dan datang hanya sebagai peminum teh.

Teh Peach (sumber penulis)
Teh Peach (sumber penulis)
Pilihan favorit saya adalah White Tea, Denpasar Moon yang hanya ditanam di daerah Bali ini diceritakan ada rasa kacang hijaunya. Padahal tidak ada campuran kacang tersebut. Ditambah teh ini asli Indonesia dan baru dikembangkan akhir-akhir ini, menurut Jo. Saya jadi tambah penasaran.

White Tea, Denpasar Moon (sumber penulis)
White Tea, Denpasar Moon (sumber penulis)
Setelah dituang, saya hirup aromanya wangi buah. Tetesan pertama di lidah saya, rasanya enak sekali. Duh, jadi saya sesap perlahan-lahan untuk menikmati cita rasanya dari cangkir kecil seperti ukuran mangkuk saus di restoran. Memang terasa ada kacang hijaunya, tapi tidak dominan. Malah menambah kaya rasa teh ini. Duh, minum teh ini jadi menambah bangga sebagai bangsa Indonesia. Ternyata tidak kalah dengan negeri asalnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun