Gayahidup

Hidup atau Bermain?

14 Juli 2017   09:47 Diperbarui: 14 Juli 2017   09:49 38 2 1

Setiap hari, ketika bangun dari tempat tidur hal yang seharusnya dilakukan adalah bersyukur dan berdoa. Bersyukur atas pertolongan Tuhan selama satu malam, dan berdoa untuk semua aktivitas dari pagi sampai malam menyambut kita kembali. Kenyataan yang sering terjadi adalah kita lupa untuk melakukan dua hal penting itu. Bangun dengan tergesa-gesa, melakukan rutinitas diawali dengan terburu-buru. Ditambah jika kita adalah tipe yang susah bangun pagi, rasanya ingin berkurung saja di dalam selimut. Namun, hidup mengharuskan kita untuk bangun, melakukan aktivitas, bertemu dengan orang-orang sekitar atau melakukan hal apapun yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Manusia adalah mahkluk hidup, jika menilai kata "hidup" yang artinya bergerak (kamus KBBI).  Sudah jelas bahwa sebagai mahkluk hidup, kita perlu bergerak agar tetap dikatakan hidup. Pagi ini, iseng-iseng saya membuka Google dan melakukan pencarian informasi dengan kata kunci "hidup adalah"... yang saya temukan, hidup adalah permainan (dari berbagai sumber). Anak-anak kecil  sering memainkan permainan, dan proses bermain itu juga di sebut hidup. Menarik sekali. Ketika hidup adalah permainan, artinya ada banyak hal seru yang bisa kita dapatkan.

Hidup adalah permainan. Dalam permainan ada kalah dan menang, ada sedih dan bahagia, ada rasa cemas ada rasa berjuang dan banyak rasa-rasa lagi  yang belum tertulis disini. Semua itu akan menjadi seru apabila kita telah berserah diri pada Tuhan. Karena Tuhan yang akan mengatur segala sesuatu untuk kita yang PASTI nya akan berakhir dengan bahagia. Kita tidak akan mampu hidup tanpa pertolongan dari Tuhan, meski dengan atau tanpa berdoa. Yang membedakannya adalah kadar pertolongan yang kita dapatkan. Saya ingin menjadi orang yang selalu bersyukur.

Liria Lase

Pasar Usang,

14 Juli 2017