Mohon tunggu...
Lipul El Pupaka
Lipul El Pupaka Mohon Tunggu... Wiraswasta - lagi malas malasnya

ini bio belum diisi

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Mana yang Benar, "Amin, Aamin, Amiin, atau Aamiin" dalam Doa?

15 Desember 2013   16:31 Diperbarui: 23 September 2020   11:52 151404 15 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi berdoa (Sumber: www.kompas.com)

Perkataan adalah doa. Kita sebagai manusia sering kali didoakan dan mendoakan orang lain. Baik itu untuk kita sendiri, orangtua, sahabat, kekasih, dan sebagainya. 

Doa tersebut kita sampaikan melalui berbagai media, baik dari ucapan langsung dari mulut kita maupun melalui pesan singkat alias SMS, E_mail, mentionan di twitter, wall-wall’an atau komenan di beranda status facebook, atau media sosial lain-lain.

Setelah didoakan atau mendoakan biasanya kita sebagai wujud merespon atas doa tersebut dengan harapan agar dikabulkan Tuhan kita mengamininya baik diucapkan ataupun dituliskan.

Ada banyak temuan tulisan kata untuk mengamini itu dan beberapa penulisan kata tsb seperti “Amin, Aamin, Amiin, dan Aamiin” yang sering kita temui di komentar facebook, mention twitter, dan social network lainnya.

Mungkin kita sebagai manusia awam, tidak begitu memperhatikan tata penulisan 4 kata yang bergaris miring dan bold di atas bahkan kita tidak tahu apa arti/makna dari kata itu. Pokoknya kita tulis saja, kan udah biasa.

Dan, saya sebagai alumni Madrasah Tsanawiyah sedikit berbagi pengetahuan tentang penulisan kata tersebut di atas barangkali bermanfaat bagi semuanya. Aamiin. :)

Dalam Bahasa Arab (Alughotul ‘Arobiyah) terdapat banyak sekali jenis kata yang pengucapannya hampir-hampir sama, bila didengarkan lafadznya juga sama, namun susah bila harus dituliskan dan berbeda arti/makna.

Dari sekian banyak jenis kata itu diantaranya adalah kata “AMIN, AAMIN, AMIIN, dan AAMIIN”, Saat diucapkan kedengarannya sama – (silahkan kalian praktikan) -, namun 4 kata itu memiliki arti/makna yang bebeda.

Berikut terjemahan/arti/makna 4 kata tsb:

AMIN = Aman

AAMIN = Meminta Pertolongan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan