Mohon tunggu...
Lintang Adedari
Lintang Adedari Mohon Tunggu... Arsitek - Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

NIM : 191910501072

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berlibur dan Belajar di Kampung Inggris

29 Oktober 2019   13:15 Diperbarui: 29 Oktober 2019   13:39 61 5 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berlibur dan Belajar di Kampung Inggris
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang kegiatan maupun tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terbatas dengan alat pemuas yang terbatas. Sedangkan pariwisata adalah suatu perjalanan perorangan maupun perkelompok yang dilakukan untuk sementara waktu dan diselenggarakan dari satu tempat ke tempat lain dengan maksud bukan berusaha ataupun mencari nafkah di tempat yang dikunjungi, tetapi semata-mata untuk menikmati perjalanan tersebut guna rekreasi atau untuk memenuhi keinginan yang beragam seperti mengisi waktu liburan. \

Sehingga ekonomi pariwisata adalah kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan perorangan maupun perkelompok untuk memaksimalkan sumber daya berupa modal manusia dan alam dengan harapan memperoleh hasil produk pariwisata berupa barang dan jasa yang maksimal.
Tempat wisata untuk menghilangkan penat dan bersenang-senang tidak hanya didapat di taman, tempat bermain, maupun tempat khusus untuk wisata. Para wisatawan juga bisa berwisata di wisata edukasi untuk mengisi hari liburnya, seperti mengunjungi daerah Kediri tepatnya di Pare. Meskipun Kota Pare bukan merupakan Kota pariwisata namun Kota Pare tetap  ramai penduduk karena mempunyai tempat wisata edukasi dengan nama Kampung Inggris. 

Saat kita mendengar nama Kampung Inggris, jelas bayangan kita terdapat orang-orang pandai berbahasa inggris bahkan banyak wisatawan mancanegara. Padahal kampung inggris sebenarnya merupakan tempat belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris, Arab, Jepang, Mandarin, dan beberapa kursus bahasa lainnya. Namun tempat kursus yang paling utama adalah kursus bahasa Inggris. Wilayah kampung inggris tidak begitu luas seperti tempat wisata pada umumnya, namun wilayah ini terbagi menjadi beberapa lokasi kursus bahasa inggris dan tempat wisata kuliner sehingga penduduk banyak yang berdatangan di Kampung Inggris. 

Penduduk yang mengunjungi Kampung Inggris untuk kursus bahasa inggris dari segala usia, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa, karena kampung inggris tidak hanya untuk siswa, tapi bisa untuk mahasiswa bahkan orang yang sudah bekerja bisa memperdalam bahasa Inggris di Kampung Inggris. Selain dari faktor usia, penduduk yang datang ke Kampung Inggris banyak dari berbagai pulau di Indonesia. Ketika liburan, banyak mahasiswa dari berbagai daerah berkunjung ke Kampung Inggris untuk memperdalam Bahasa Inggris serta menikmati kuliner yang ada di Pare dan sekitarnya.

Di Kampung Inggris terdapat banyak lembaga kursus Bahasa Inggris dengan jumlah yang lebih dari 100 dan memiliki SK Diknas. Lembaga-lembaga tersebut memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Tetapi semua lembaga pasti memiliki fasilitas parkir yang luas sehingga para pengunjung tidak akan kesusahan menempatkan kendaraan bermotornya, fasilitas lain yaitu tempat beribadah, toilet, dan tempat penginapan. 

Tempat penginapan bisa digunakan untuk pengunjung dari jauh yang hanya beristirahat, namun sebenarnya tempat penginapan ini diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin belajar berbahasa inggris dengan waktu yang lama, sehingga ia tidak perlu pulang ke rumah, cukup menginap di tempat yang telah ia pesan. 

Waktu untuk pembelajaran paling singkat adalah 2 minggu dan yang paling lama adalah 6 bulan. Tempat penginapan yang telah tersedia ini bisa dipesan satu paket dengan kursus berbahasa Inggris, misalnya jika memiliki waktu liburan 1 bulan penuh, bisa memesan paket yang isinya kursus berbahasa inggris, penginapan, dan makan untuk sehari-hari. Materi untuk belajar bahasa inggris pun berbeda-beda sesuai harga, serta jam pembelajaran menyesuaikan materi yang diambil. 

Tempat pembelajaran setiap lembaga   tidak selalu ruang kelas, ada pula yang berupa gazebo. Banyak lembaga yang melakukan kegiatan outdoor di lapangan terdekat untuk game sekaligus pengaplikasian dan pemantapan materi yang telah diberikan. Pengaplikasian bisa berupa berbicara bahasa inggris dengan orang sekitar, bahkan jika ingin membeli makanan, penjual bisa berbahasa inggris untuk membantu pengunjung memantapkan bahasa inggrisnya.

Di kampung Inggris tersedia penyewaan sepeda kayuh, jadi tidak heran jika banyak warga Kampung Inggris yang selalu bersepeda kesana kemari. Para pengunjung memilih sepeda kayuh karena untuk mengurangi gas kendaraan bermotor dan juga menghemat bahan bakar karena biasanya tempat yang hendak dituju tidak jauh dari tempat asal. Akses jalan untuk menuju Kota Pare tepatnya di Kampung Inggris tidaklah sulit.Jika sedang berada di Kediri, pengunjung dapat melalui Jl. Raya Kediri - Pare yang merupakan rute atau jalur tercepat untuk menuju lokasi Kampung Inggris.

Selain mengasah kemampuan berbahasa Inggris, tujuan lain pengunjung mengunjungi Kampung Inggris adalah mencari banyak teman dari berbagai daerah, manfaat mencari teman dari berbagai daerah adalah untuk bertukar informasi mengenai pengalaman maupun karakteristik daerahnya masing-masing.

Nah jadi Kampung Inggris adalah wisata edukasi yang sangat dianjurkan untuk dikunjungi. Sebelum berkunjung dan kursus berbahasa Inggris di Kampung inggris, disarankan membawa kamera ataupun ponsel untuk mengabadikan setiap momen yang ada dengan keluarga, sahabat, maupun dengan teman baru saat menetap di Kampung Inggris. Ketika baru memasuki wilayah Kampung Inggris tidak perlu minder dengan kemampuan berbahasa Inggris yang kurang karena sebagian besar pengunjung adalah pemula dari berbagai usia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN