Mohon tunggu...
Umi Latifah (LinguistikAsik)
Umi Latifah (LinguistikAsik) Mohon Tunggu... Freelancer - Peneliti

Pencinta Linguistik

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Mengapa Kata "Anda" Ditulis Menggunakan Awalan Huruf Kapital?

7 Oktober 2022   07:01 Diperbarui: 7 Oktober 2022   07:28 188 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kata "Anda" dibuat secara khusus sekitar tahun 1960-an. Ketika itu untuk penyebutan orang kedua tunggal hanya punya kata tunggal; engkau dan kamu. Engkau kadang disingkat menjadi kau. Kedua kata tersebut ditujukan untuk orang yang sederajat kan? Bayangkan saja jika kita menyapa orang yang lebih tua dari kita menggunakan kata kamu maka hal tersebut menjadi hal yang tidak mungkin karena dianggap tidak sopan.

Kata Anda dianggap sebagai padanan yang lebih sopan daripada kamu dan kau ketika digunakan sebagai penyebutan orang yang lebih tua karena pada saat itu penyerapan kata kamu dari Bahasa Arab dianggap tidak semua orang bisa menerima disebut kamu atau kau ketika diajak berbicara. Sementara jika menggunakan kata "saudara" mengandung kekakuan dan mengandung suku kata yang lebih banyak.

Nah, Anda ini diciptakan untuk menjadi kata sapaan kepada orang kedua tunggal yang nadanya merupakan bentuk penghormatan. Ketika itu sama halnya dengan penyebutan Tuhan dengan kita menghormat maka dalam penulisan menggunakan huruf kapital, misal: Anugerah-Nya. Karena itulah huruf A pada kata Anda dinyatakan menggunakan huruf kapital sebagai bentuk penghormatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan