Mohon tunggu...
Umi Latifah (LinguistikAsik)
Umi Latifah (LinguistikAsik) Mohon Tunggu... Freelancer - Peneliti

Pencinta Linguistik

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Mengenal Ambiguitas, Yuk!

9 September 2022   07:27 Diperbarui: 9 September 2022   08:16 55 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kata ambigu memiliki arti sesuatu yang memiliki makna lebih dari satu atau memiliki makna ganda. Keambiguan ini sering digunakan seorang pelawak untuk menimbulkan lawakannya. 

Misalnya: Kamu mau tahu?. Kata "tahu" itu memiliki arti lebih dari satu. Pertama, kata "tahu" yang artinya pengetahuan. Kedua, kata "tahu" yang artinya jenis makanan. 

Jadi, Ambiguitas itu merupakan ketidakjelasan arti. Di dalam bahasa, keambiguan itu merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari bahasa, seperti: Rumah seniman antik itu jauh.

Dari contoh tersebut, yang antik itu sebuah rumahnya atau senimannya?. Maka kita musti mengurangi keambiguan terutama di dalam bentuk tulisan. Karena begitu tulisan itu dikirim kepada pembaca, maka sang penulis itu tidak memiliki kuasa terhadap tulisannya. Berbeda dengan ketika kita berbicara, kalau berbicara ini kita bisa punya kesempatan untuk mengganti, misal: oh tidak, maksud saya begini ......

Itu yang disebut dengan keambiguan. Sehingga ambiguitas itu bisa digunakan sesuai dengan konteksnya dan juga tergantung dengan keinginan penutur.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan