Mohon tunggu...
Lingga Kamal Atha
Lingga Kamal Atha Mohon Tunggu... Mahasiswa - jalani aja dulu

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030131

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang

6 Juni 2021   19:21 Diperbarui: 6 Juni 2021   19:23 161 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang
seriau.com

Saat ini, begadang sudah menjadi gaya hidup modern bagi sebagian orang, terutama warga perkotaan. Tampaknya 24 jam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah, kampus, dan pekerjaan yang diperlukan.

Padahal, begadang tidak boleh sering dilakukan. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki keterbatasan dalam menanggung beban aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, setiap orang membutuhkan tidur yang cukup, minimal 6-9 jam (dewasa).

Cara Mengurangi Kebiasaan Begadang

Kebiasaan begadang akan berdampak pada tubuh, salah satunya wajah menjadi lesu, kantung mata gelap dan besar, tekanan darah tinggi, obesitas dan penyakit lainnya. 

Dampak psikologisnya membuat Anda sulit berkonsentrasi, Anda tidak akan menjalani hari dengan penuh semangat karena kelelahan, atau bahkan menjadi depresi

Apa konsekuensi dari begadang?

Efek negatif begadang adalah melelahkan tubuh dan pikiran. Gejala sisa adalah bahwa hal itu mengurangi kemampuan penalaran, kemampuan memecahkan masalah dan konsentrasi. 

Selain itu, begadang akan mengurangi kemampuan memperhatikan sesuatu, dan kewaspadaan juga akan berkurang. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengurangi kebiasaan begadang.

Komitmen Untuk Hidup Teratur

Jika Anda ingin mengurangi kebiasaan begadang, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menjalani hidup dengan lebih teratur. Biasakan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. 

Pahami apakah tubuh Anda membutuhkan waktu istirahat yang cukup, karena pada waktu tertentu, tubuh membutuhkan regenerasi dan detoksifikasi, dan kedua situasi tersebut dapat terjadi saat Anda tidur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan