Mohon tunggu...
Lingga Kamal Atha
Lingga Kamal Atha Mohon Tunggu... Mahasiswa - jalani aja dulu

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030131

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Anak Pondok

2 Maret 2021   21:25 Diperbarui: 2 Maret 2021   22:30 95 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengalaman saya dulu waktu dipondok kebetulan saya terlahir dari keluarga yang wajib mondok dan saya mondok 3 tahun pas smp. Dulu pertama kali masuk pondok yang dirasakan ya ga betah, kangen keluarga, kangen rumah rasanya pengen pulang terus. Tapi waktu terus berjalan dan lama-lama juga betah disana juga banyak teman dari berbagai daerah. 

Kalau makan dipondok ada yang masakin namanya simbok kalo disini dan dibantu sama santri putri. Masakannya ya apa adanya apa aja dimakan lah kalau dipondok terus disana itu kalau mandi antri biar ga rebutan nah keadaan kamar mandi disana itu ada yang kotor airnya ya pokoknya kayak ga layak gitu tapi dulu waktu saya mondok kebetulan baru bikin kamar mandi baru jadi ya masih bersih disana juga ada tempat nyetrika baju. Nah kalau pergi sekolah itu jalan kaki karena sekolahnya juga deket dari pondok. 

Pulang sekolah sholat ashar berjamaah terus yang ada jadwal piket melaksanakan tugasnya. Biasanya dipondok kalau habis ashar sering maen bola tapi sebelum maghrib harus sampai pondok dan langsung mandi terus sholat maghrib berjamaah kalau tidak ikut sholat berjamaah pasti dicari sama ustadz biasanya dimarahin . 

Terus habis sholat berjamaah biasanya ada pelajaran sampai isya' terus sholat isya' berjamaah dulu terus biasanya ada pelajaran lagi sampai jam 8 kurang lebih. Setelah pelajaran selesai waktunya makan habis itu udah tidak ada kegiatan yang mau belajar ya belajar yang mau tidur ya tidur. Waktu dipondok itu menyenangkan setiap minggu ada pengajian namanya pengajian ahad pagi dan santri yang dipondok wajib mengikuti pengajian. Sebelum pengajian ahad pagi malamnya kita menyiapkan tempat yang mau digunakan pengajian dan setelah pengajian selesai kita membereskan lagi. Setelah itu kita ke pondok lagi dan sarapan. 

Dulu saya mempunyai 2 teman yang dikeluarkan dari pondok gara-gara mengintip santri putri dari atas genteng dan mereka berdua ketahuan lalu mereka langsung disidang dan akhirnya dikeluarkan dan banyak juga yang dikeluarkan gata-gara maling uangnya temennya banyak kasus kayak gitu, ada juga yang dikeluarkan gara-gara ketahuan merokok terus dibotakin rambutnya ya seperti itulah kehidupan dipondok banyak keluh kesah

Dulu saya pernah membawa hp dan ketahuan akhirnya disita sampai sekarang ga diambil. Setiap dua minggu sekali saya pulang kerumah pulang hari sabtu balik lagi hari minggu terus pas saya kelas 9 mts saya bawa motor saya taruh diwarung dekat pondok saya titipkan disitu biar sewaktu-waktu bisa pergi bawa motor dulu waktu saya di mts banyak yang suka sama saya dan akhirnya saya bingung milih siapa dan ada juga yang udah nungguin aku dari kelas 7 mts sampai kelas 9 hanya buat biar aku suka sama dia dan akhirnya aku tembak dia dan kita pacaran hanya beberapa bulan akhirnya putus. Dulu juga saya sama temen saya kalau malam sering melompat pager kita pergi bermain ps waktu itu sampai jam 2 pagi kurang lebih alhamdulillah tidak ketahuan sama ustadz dan dulu juga setiap sebulan sekali pondok mengadakan pengajian giliran ke rumahnya santri-santri berangkatnya biasanya pakai truk nyewa punya warung deket pondok.

Manfaat mondok menurut saya :

* membaca al quran lancar

* hafalan bertambah banyak

* mandiri

* dijauhkan dari hal-hal maksiat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan